SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGGUNAAN METODE GUIDED NOTE TAKING (GNT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X MULTIMEDIA 2 SMK NEGERI 7 MALANG

Sella Lestiyani

Abstrak


Abstrak

Pelaksanaan pembelajaran sejarah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berdasarkan kurikulum 2013 hanya diberikan pada kelas X dan masih didominasi dengan penggunaan metode pembelajaran konvensional sehingga keaktifan belajar peserta didik rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode guided note taking terhadap keaktifan belajar pada mata pelajaran sejarah Indonesia Kelas X MM 2 SMKN 7 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 18,384 (thitung) > 1,693 (ttabel) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 antara penggunaan metode guided note taking terhadap keaktifan belajar peserta didik. Maka dari itu penggunaan metode guided note taking dapat diterapkan di pembelajaran sejarah karena mampu meningkatkan keaktifan peserta didik.

Kata Kunci: metode guided note taking, keaktifan, pembelajaran sejarah

Abstract

The implementation of historical learning in Vocational School (SMK) based on the 2013 curriculum is only given to class X and is still dominated by the use of conventional learning method so learning activeness of students is low. The purpose of this research was to describe the effect of using guided note taking method on active learning in Indonesia history of Class X MM 2 SMKN 7 Malang. This research uses quantitative approach with experimental methods. The result showed that there was a significant effect of 18,384 (tcount) > 1,693 (ttable) with a significance value of 0,000 < 0,05 between the use of guided note taking method towards the learning activeness of students.Therefore used of guided note taking method can be applied in historical learning because be able to improve learning activeness of students.

Keyword: guided note taking method, activity, history learning