SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsis Siswa Kelas XI MAN I Jombang terhadap Pembelajaran Sejarah sebagai Pendidikan Karakter

Faza Ali Profan

Abstrak


Kata Kunci: Persepsi, pembelajaran sejarah, pendidikan karakter

Pembelajaran sejarah merupakan matapelajaran yang penting dalam penerapan  pendidikan karakter. Siswa mempunyai pendapat yang berbeda mengenai pembelajaran sejarah sebagai pendidikan karakter, seperti matapelajaran sejarah yang cenderung matapelajaran yang membahas masa lampau, menghafal angka tahun, dan cenderung pasif.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sejarah di kelas XI MAN I Jombang, mendeskripsikan persepsi siswa kelas XI MAN I Jombang terhadap pembelajaran sejarah sebagai pendidikan karakter dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi siswa kelas XI MAN I Jombang terhadap pembelajaran sejarah sebagai pendidikan karakter.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan latar alamiah. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Adapun teknik dalam pengumpulan data tersebut peneliti mangambil cara dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan: reduksi data, kategorisasi, sintesisasi.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persepsi siswa kelas XI MAN I Jombang terhadap pembelajaran sejarah baik. Pembelajaran sejarah oleh guru dilaksanakan dengan baik sesuai dengan Rancangan Program Pembelajaran. Penerapan pendidikan karakter oleh guru sejarah sudah dilaksanakan dengan baik. Pendidikan karakter tanamkan seperti sikap kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan nasionalisme. Guru matapelajaran sejarah juga mampu untuk mengondisikan kelas saat pembelajaran sejarah berlangsung. Kegiatan pembelajaran sejarah tidak hanya terpaku pada buku melainkan siswa juga terlibat aktif dengan metode yang guru sejarah gunakan. Kesimpulan persepsi siswa kelas XI MAN I Jombang terhadap pembelajaran sejarah sebagai pendidikan karakter sudah baik, meskipun beberapa siswa ada yang kurang paham mengenai pendidikan karakter. Berdasarkan hasil observasi peneliti, respon siswa terhadap pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah sudah cukup baik.