SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Scrapbook Perjuangan Kapten Soemadi Dalam Mempertahankan Kemerdekaan 1948-1949 Untuk Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI SMAN 1 Kutorejo Mojokerto

MUHAMMAD BAIHAQI

Abstrak


Kata Kunci: media pembelajaran, scrapbook, Kapten Soemadi.

Pendidikan sejarah bertujuan untuk menambah wawasan historis. Dengan demikian, proses pembelajaran sejarah disekolah juga harus didorong untuk men-ciptakan situasi yang dapat menumbuh kembangkan kesadaran sejarah. Mata pelajaran sejarah di SMANegeri 1 Kutorejo didapati permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran. Dari hasil wawancara,observasi dan penyebaran angket permasalahan yang didapati peneliti berupa kurangnya media pembelajaran yang digunakan dan adanya peraturan tidak boleh menggunakan smartphone dalam kegiatan belajar mengajar sehingga hasil belajar sejarah siswa kurang dan siswa hanya menggunakan buku LKS (Lembar kerja siswa).

Adapun tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produkpengembangan media scrapbookperjuangan Kapten Soemadi dalam mempertahankan kemerdekaan 1948-1949 untuk pembelajaran sejarah siswa kelas XI SMANegeri 1 Kutorejo. Selain itu juga mengetahui efektifitas dan hasil belajar siswasetelah menggunakan produk media scrapbook perjuangan Kapten Soemadi dalam mempertahankan kemerdekaan 1948-1949 untuk pembelajaran sejarah siswa kelas XI SMANegeri 1 Kutorejo.

Pengembangan media pembelajaran mengikuti tahapan penelitian yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono (2016) yaitu meliputi

(1) potensi dan masalah,

(2) pengumpulan data,

(3) desain produk,

(4) validasi desain,

(5) revisi desain,

(6) uji coba produk,

(7) revisi produk,

(8) uji coba pemakaian,

(9) produk akhir.

Sebelum di uji cobakan ke lapangan, produk terlebih dahulu divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif.

 

Hasil pengembangan media scrapbook merupakan media yang berbentuk gambar-gambar yang dikumpulkan menjadi satu seperti buku. Scrapbook dapat digunakan untuk media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.Scrapbook ini berisi materi perjuangan Kapten Soemadi dalam memper-tahankan kemerdekaan 1948-1949. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor 47 dengan persentase 97,91%. Hasil validasi dari ahli media juga memperoleh skor 44 dengan persentase 91,66%. Hasil uji coba produk dilapangan pada uji coba kelompok kecil memperoleh skor 323 dengan persentase 76,90%, kemudian pada uji coba kelompok besar memperoleh skor 1448 dengan persentase 89,38%. Hasil pre-test memperoleh rata-rata 51 dan hasil post-test memperoleh rata-rata 89. Berkaitan dengan hasil belajar tersebut, maka media scrapbook dapat disimpulkan bahwa media scrapbook yang dikembangkan ini valid atau sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran sejarah.