SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS XI SMA N 1 MALANG DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR HISTORIS SISWA

Siti Faizatun Nisa'

Abstrak


Tujuan pembelajaran Sejarah Indonesia adalah mengembangkan kemampuan berpikir historis siswa. Artikel ini membahas tentang proses dan hasil pembelajaran Sejarah Indonesia di kelas XI SMA N 1 Malang terutama mengenai berpikir historis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Proses penelitian dilakukan dengan mengamati proses pembelajaran yang berlangsung di beberapa kelas di SMA N 1 Malang. Selain melalui pengamatan, peneliti juga melakukan wawancara dengan subjek penelitian yakni guru dan beberapa siswa kelas XI di SMA N 1 Malang. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran Sejarah Indonesia di kelas XI SMA N 1 sudah baik. Seluruh prosedur pembelajaran yang dituntut oleh standar proses pembelajaran telah dilaksanakan. Temuan selanjutnya dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir historis siswa kelas XI SMA N 1 Malang juga sudah baik. Lima dari enam komponen berpikir historis milik Peter Seixas sudah dimunculkan siswa baik selama kegiatan pembelajaran maupun selama wawancara.