SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KETERLIBATAN NAHDLATUL ULAMA DALAM PEMILIHAN UMUM 1955-1958 DI SURABAYA

AHMAD FATKHUR ROZAK

Abstrak


Kata Kunci: Pemilihan Umum, Nahdlatul Ulama, Kota Surabaya, 1955-1958

Kajian ini didasarkan pada perjalanan politik Nahdlatul Ulama mulai dari keluar dari Masyumi pada tahun 1952 dan membentuk partai sendiri hingga tahun 1958 pada pemilihan umum anggota DPRD Kota Surabaya. Hasil dari pemilihan umum yang diselenggarakan pada tingkat Nasional, regional, dan lokal kemudian digunakan sebagai acuan untuk melihat sejauh mana keberhasilan yang didapat oleh Partai Nahdlatul Ulama.

Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana konstelasi politik yang terjadi pada tingkat nasional, regional, dan pada tingkat Kota yang difokuskan di Surabaya. Penelitian ini menggunakan konsep partai politik untuk digunakan sebagai landasan analisis untuk mengetahui bagaimana kiprah Nahdlatul Ulama sebagai partai politik pada pemilihan umum tahun 1955-1958. Selain itu konsep pemilihan umum juga digunakan untuk melihat sejauh mana keberhasilan Nahdlatul Ulama menarik dukungan dari masyarakat sebagai sebuah partai politik.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah. Metode sejarah yang digunakan dalam proses penelitian ini meliputi pemilihan topik, heuristik, Kritik (interen dan eksteren), intepretasi, dan historiografi. Proses pengumpulan sumber akan ditekankan pada sumber arsip organisasi NU, arsip pemilihan umum 1955 dan surat kabar sejaman yang memuat mengenai permasalahan yang diambil. Selanjutnya hasil penelitian yang sudah didapat akan di susun dengan sitematika yang mengacu pada suplemen penulisan skripsi bidang Ilmu Sejarah.

Penelitian ini menghasilkan gambaran tentang keberhasilan Nahdlatul Ulama dalam pemilihan umum yang diselenggarakan pada tingkat nasional, regional (Jawa Timur), dan lokal (Kota Surabaya). Selain itu juga akan menghasilkan gambaran tentang faktor pendukung yang mempengaruhi perolehan suara partai Nahdlatul Ulama dalam setiap pemilihan umum yang diadakan dari tahun 1955-1958, meliputi basisi massa pendukung partai, organisasi pendukung, dan adanya benturan dengan partai politik lain.