SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MEDIA PEMBELAJARAN TARI TOPENG PATIH KEDUNGMONGGO BERUPA VIDEO TUTORIAL DI KELAS VII B SMPN 2 PAKISAJI KABUPATEN MALANG

PRATAMA YOGA HADI

Abstrak


ABSTRAK

Pratama,  Yoga Hadi. 2019. Media Pembelajaran Tari Topeng Patih Kedungmonggo Berupa Video Tutorial di Kelas VII B SMP Negeri 2 Pakisaji Kabupaten Malang, Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Soerjo Wido Minarto, M.Pd,

(II) Rully Aprilia Zandra, M.Pd., M.Sn

Kata kunci:  Media Pembelajaran, Tari Topeng Patih, Kedungmonggo, Tutorial.

Pelajaran seni tari dengan materi elemen gerak tari Topeng Patih perlu dibantu dengan media berupa video, agar hasil belajar peserta didik meningkat dan menunjang minat belajar siswa dalam menerima materi pada pelajaran seni budaya sub bidang seni tari, serta mengenalkan kebudayaan lokal daerah setempat dan tidak hanya itu media pembelajaran juga meningkatkan ketertarikan peserta didik dengan materi yang disampaikan, sehingga nilai siswa bisa memenuhi target.

Tujuan penelitian ini yaitu membantu siswa memahami materi elemen gerak tari pada mata pelajaran seni budaya sub bidang seni tari yaitu menghasilkan media pembelajaran berupa video tutorial tari Topeng Patih yang dapat bermanfaat bagi guru dan siswa dalam meningkatan kualitas belajar mengajar pada mata pelajaran seni budaya.

Metode penelitian dan pengembangan menggunakan metode research and development oleh Borg and Gall yang dimodifikasi sesuai kebutuhuan penelitian  sebagai berikut :

(a) Potensi dan Masalah;

(b) Pengumpulan Data;

(c) Desain Produk;

(d) Validasi Ahli Materi;

(e) Revisi Produk I;

(f) Validasi Ahli Media;

(g) Revisi Produk II,

(h) Uji Coba Pemakaian,

(i) Revisi Produk; dan

(j) Produksi Massal.

Instrumen pengambilan data di ujikan dan dinilai oleh ahli materi pertama (guru seni budaya), ahli materi kedua (seniman tari), ahli multimedia (dosen), dan siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Pakisaji sebagai uji coba kelompok besar.

Hasil validasi dinyatakan valid atau layak setelah melalui proses uji validasi tahap I dan II, yang dinilai oleh ahli materi pertama tahap I (92,5%) tahap II (97,5%), ahli materi kedua tahap I (100%), ahli multimedia tahap I (85%) tahap II (95%), uji coba kelompok besar melalui soal pre test mencapai (58,69%) dan soal post test mencapai (94,54%) Dinyatakan valid sebagai media pembelajaran dengan jumlah keseluruhan presentase mencapai (93,8%) siswa mencapai KKM 80 setelah menggunakan media berupa video pembelajaran tari Topeng Patih.

Penelitian dan pengembangan ini mengharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media berupa games tentang tari Topeng Patih agar media pembelajaran di bidang seni tari semakin beragam.

 

ABSTRACT

Pratama,  Yoga Hadi. 2019. The Learning Media Patih mask dance Kedungmonggo in the form of Video tutorials in Class VII B SMP Negeri 2 Pakisaji, Malang Regency, Thesis, Department of art and design, Faculty of Letters, State University of Malang. Counselor: (I) Drs. Soerjo Wido Minarto, M.Pd, (II) Aprilia Zandra Rully, M.Pd., M.Sn.

Keywords: Learning Media, Mask Dance Patih, Kedungmonggo, Tutorials.

Dance lessons with material elements of motion Patih mask dance need assisted with media in the form of video, so that the results of the learning learners increase and support the learning interest of students in receiving materials on art and cultural lessons sub field of dance art, as well as introduce the local culture of the local area and not only that media interest also increase the learning learners with the material presented, so that students could meet the target value.

The purpose of the research is to help students understand the material element of dance movements on the subjects of art and culture sub field of dance art that is generating the learning media in the form of video tutorials Patih mask dance which can be useful for teachers and students in to improve the quality of teaching and learning in the subjects of art and culture.

Research and development method using the methods of research and development by Borg and Gall are modified according kebutuhuan research as follows:

(a) the potential and problems;

(b) Data collection;

(c) the design of the product;

(d) validation of Expert Material;

(e) Revision of the product I;

(f) validation of the Media expert;

(g) Revision of products II

(h) Test use,

(i) the revision of the product; and

(j) mass production.

Instrument data retrieval in ujikan and rated by experts the first material (teacher), a second material (dance artist), multimedia (Lecturer), and grade VII B SMP Negeri 2 Pakisaji as trials of large groups.

The results of the validation are declared valid or worthy after a validation test phase I and II, which are assessed by the experts the material first phase I (92.5%) phase II (97.5%), a second material phase I (100%), a multimedia stage I (85%) phase II (95%), trials of large groups through the reserved pre test reach (58.69%) and the question of the post test reach (94.54%) Declared valid as media of instruction, with the total percentage reaches (93.8%) students achieve the KKM 80 after using media in the form of video learning mask Patih dance.

Research and development is expecting for the next researcher can develop media be games about Grand Vizier in order to mask dance learning media in the field of dance art is increasingly diverse.