SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Dinamika Teater Hampa Indonesia Universitas Negeri Malang Tahun 1989-2015

ABDUL . HARITS

Abstrak


Kata Kunci : Dinamika, Eksistensi , Teater Hampa Indonesia

Indonesia kaya akan keberagaman seni kebudayaan yang perlu dilestarikan oleh generasi selanjutnya. Salah satunya yang berhubungan dengan pementasan atau pertunjukan yaitu seni teater. Berkembangnya seni teater di Kota Malang mempengaruhi munculnya teater di univeristas baik negeri maupun swasta yangmemiliki unit kegiatan mahasiswa teater. Teater Hampa Indonesia yang berada dibawah Universitas Negeri Malang didirikan pada tahun 1989. Eksistensi Teater Hampa Indonesia sejak tahun 1989-2015 banyak mengalami perubahan, baik itu perkembangan maupunkemunduran dalam bidang kekaryaan dan bidang keorganisasian.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjelaskan eksistensi teater di kota Malang dan menjelaskan dinamika Teater Hampa Indonesia Universitas Negeri Malang. Sejauh mana perubahan-perubahan yang terjadi dari setiap periode kepengurusan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dan menggunakan lima tahapan :

(1) pemilihan topik,

(2) pengumpulan sumber,

(3) verifikasi (kritik sejarah, keabsahan sumber),

(4) interpretasi, dan

(5) historigrafi.

Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh dua kesimpulan penelitian sebagai berikut,

(1) mengenai eksistensi teater di Kota Malang. Teater di Kota Malang tidak terlepas dari adanya Perguruan Tinggi yang memberikan ruang berkarya bagi mahasiswa, kemudian menjadi sebuah kelompok teater yang ada di luar Perguruan Tinggi tersebut. Selanjutnya faktor yang membuat teater kampus di Kota Malang tetap ada yaitu adanya kepedulian para pendirinya terhadap anggota baru dan proses regenerasi anggota sangat menentukan keberadaan teater.

(2) Munculnya Teater Hampa Indonesia juga dari para mahasiswa yang gelisah jika teater kampus tidak ada lagi. Keberadaan Teater Hampa Indonesia adalah hasil dari bentuk proses belajar bersama para mahasiswa, faktor eksistensi Teater Hampa Indonesia ditentukan dari keorganisasian dan kekaryaan yang sudah diatur dalam AD/ART.