SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Blogspot sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa dalam Pembelajaran Sejaran di Kelas X TKJ C SMK Negeri 8 Malang Tahun Ajaran 2018/2019

Kartika Mustika Dewi

Abstrak


ABSTRAK

Kartika, M.D. 2018. Pemanfaatan Blogspot sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa dalam Pembelajaran Sejaran di Kelas X TKJ C SMK Negeri 8 Malang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial,  Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum.,

 

Kata Kunci: blogspot, sumber belajar, minat baca.

Membaca merupakan salah satu tujuan dalam belajar. Siswa akan mampu mengetahui suatu peristiwa sejarah dengan cara membaca buku, namun berdasarkan observasi awal kegiatan membaca ini belum terlihat secara maksimal di kelas X TKJ C SMK Negeri 8 Malang. Berdasarkan17 siswa yang diwawancara, hanya tiga diantaranya yang memiliki buku sejarah sendiri. Dari angket yang diberikan, minat baca siswa di kelas X TKJ C yaitu sebesar 51% namun buku yang sering dibaca siswa adalah jenis novel dan komik. Siswa di kelas X TKJ C SMK Negeri 8 Malang mengandalkan internet dalam mencari materi sebagai sumber belajar. Guru memanfaatkan buku paket dan powerpoint dalam menyampaikan materi dan sebagai sumber belajar siswa. Games juga diterapkan oleh guru dalam melaksanakan pembelajatan sejarah. Melihat kecenderungan siswa dalam menggunakan internet dalam mencari sumber belajar, blogspot dipilih sebagai alternatif lain dalam penyediaan sumber belajar siswa. Blogspot dipilih karena kemudahan dalam pengelolaannya serta kemudahannya ketika terhubung dengan layanan Google yang lain.

Metode penelitian yang diterapkan adalah Model Spiral dari Kemmis dan Tagart. Penelitian diawali dari mencari permasalahan yang terdapat didalam kelas. Permasalahan tersebut dapat diketahui dengan cara observasi secara langsung, wawancara dengan guru serta siswa, dan angket yang diberikan kepada siswa. Data yang diperoleh mengenai minat baca siswa dan peningkatannya dengan menggunakan blogspot. Kemudian berdasarkan Model Kemmis dan Tagart, penilitian tindakan kelas diawali dari

(1) Membuat plan (perencanaan) yang akan diterapkan di kelas, terdiri dari RPP dan blogspot yang akan digunakan.

(2) Act (tindakan) yang berupa penerapan blogspot untuk meningkatkan minat baca.

(3) Observe (pengamatan) dilakukan selama pencarian masalah hingga penerapan siklus tindakan kelas, hal ini dilakukan agar diketahui apakah penerapan blogspot dapat memberikan hasil yang memuaskan.

(4) Reflect (refleksi) dilakukan untuk mengetahui kendala dan kekurangan pada saat tindakan, sehingga pada tindakan atau siklus selanjutnya dapat dicapai hasil yang diinginkan.

Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan blogspot untuk meningkatkan minat baca siswa menunjukan hasil yang baik. Untuk penggunaannya sendiri yaitu blogspot yang telah disediakan oleh guru selanjutnya dibaca oleh siswa dengan intruksi guru pada awalnya. Kemudian siswa diminta untuk mengerjakan tugas dan evaluasi berdasarkan materi yang terdapat di blogspot. Untuk Hasil peningkatan minat baca siswa dimana sebelum menggunakan blogspot, minat baca siswa masih tergolong rendah yang dibuktikan dengan hasil angket yaitu perolehan skor sebesar 27%. Hasil minat baca siswa sedikit demi sedikit meningkat pada siklus-siklus selanjutnya. Pada siklus satu pertemuan I perolehan skor rata-rata observasi dan angket sebesar 47%. Pada siklus satu pertemuan II perolehan skor rata-rata observasi dan angket sebesar 49%. Pada siklus dua pertemuan I perolehan skor rata-rata observasi dan angket sebesar 67,3%. Pada siklus dua pertemuan II perolehan skor rata-rata observasi dan angket sebesar 80,3%.