SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGGUNAAN MEDIA FILM “SANG PENCERAH” UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI MATEMATIKA ILMU ALAM (MIA) 2 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH di SMA N 6 MALANG

Vinny Aprilia Pratiwi

Abstrak


Abstrak

Di awal perubahan paradigma kurikulum 2013 tentunya banyak adaptasi yang dilakukan dalam proses pembelajaran baik dari segi guru, siswa maupun sarana prasarana yang dimiliki. Sejarah merupakan salah satu mata pelajaran wajib di sekolah. Yang banyak mempelajari kisah masa lalu sehingga dalam proses pembelajarannya memerlukan sebuah inovasi dalam pembelajaran supaya siswa tidak terkesan bosan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui minat belajar siswa kelas XI Matematika Ilmu Alam (MIA) 2 pada mata pelajaran sejarah dan untuk mengetahui penggunaan media film “Sang Pencerah” dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI Matematika Ilmu Alam(MIA) 2 pada mata pelajaran sejarah. Analisis Data yang digunakan adalah kualitatif yang menggunakan teori Miles and Huberman (Sugiyono, 2011:246) mengemumakan bahwa aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif  dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas sehingga datanya sudah jenuh. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing atau verification. Hasil penelitian penerapan media Film “Sang Pencerah” dapat meningkatkan minat belajar Siswa Kelas XI Matematika Ilmu Alam (MIA) 2 Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA N 6 Malang. Siswa menjadi lebih aktif bertanya pada guru terkait materi yang dipelajari. Kegiatan belajar siswa lebih komunikatif dan menyenangkan. Siswa nampak lebih yakin dan bersemangat saat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru sehingga suasana kelas menjadi lebih hidup.