SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA HISTORY BE SMART (HISBE-SMART) BERBASIS HYBRID APP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SEJARAH PADA SISWA KELAS XII IIS SMA NEGERI 1 PURI KABUPATEN MOJOKERTO

RESTU AGUS BAYSA

Abstrak


Penelitan dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media Hisbe-Smart serta mengetahui kelayakan produk yang dihasilkan, selain itu media Hisbe-Smart bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi sejarah. Materi sejarah yang termuat dalam media Hisbe-Smart adalah peristiwa Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955 di Indonesia. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode pengembangan prosedural Sugiyono yang terdiri dari 10 tahapan yang telah dimodifikasi, yaitu :

(1) Potensi dan Masalah;

(2) Pengumpulan Data;

(3) Desain Produk;

(4) Validasi Desain;

(5) Revisi Desain;

(6) Uji Coba Produk;

(7) Revisi Produk;

(8) Uji Coba Pemakaian;

(9) Revisi Produk; serta

(10) Produksi Produk.

Data yang diperoleh pada penelitian dan pengembangan ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pada tahapan validasi desain, tahap validasi materi memperoleh presentase sebesar 89% sedangkan tahap validasi media memperoleh presentase sebesar 93%. Hasil uji coba produk media Hisbe-Smart memperoleh presentase sebesar 88%, serta hasil uji coba pemakaian memperoleh presentase sebesar 93% yang mengindikasikan bahwa media Hisbe-Smart layak digunakan dalam pembelajaran sejarah serta membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman materi sejarah dibuktikan dengan hasil pre-test dan post-test, hasil rata-rata nilai pre-test yaitu 42 sedangkan untuk post-test rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 83. Oleh karena itu, produk Hisbe-Smart disimpulkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran sejarah. Akan tetapi perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut dalam hal sasaran penggunaan teknologi perlu dikembangkan dalam platform IOS karena media Hisbe-Smart belum bisa digunakan pada platform Apple (IOS).