SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KAJIAN SOAL EVALUASI SUMATIF MATAPELAJARAN SEJARAH PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 PARE TAHUN AJARAN 2017/2018

RIRIN TRIANINGSIH

Abstrak


Abstrak

Kata kunci: Kajian soal, evaluasi sumatif, tes CBT dan PBT

Penelitian ini membahas mengenai kajian soal evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal sumatif. Soal sumatif merupakan salah satu alat evaluasi yang dibuat secara mandiri oleh guru. Oleh karena itu, soal yang disusun guru harus memiliki kualitas yang baik. Realitasnya, soal yang digunakan sebagai alat evaluasi untuk mengukur ketercapaian hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 1 Pare belum dilakukan pengujian secara empirik. Kajian soal sebagai bagian dari evaluasi penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kualitas soal sebagai alat evaluasi yang disusun. Fokus penelitian ini adalah mengetahui kualitas butir soal evaluasi sumatif kelas XI di SMAN 1 Pare tahun ajaran 2017/2018 berdasarkan

(1) tingkat kesukaran

(2) daya beda

(3) efektifitas distraktor.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif naratif. Hasil penelitian ini adalah;

(1) tingkat kesukaran soal CBT relatif tinggi karena didominasi oleh soal HOTS, sedangkan pada soal PBT karena siswa kurang menguasai kompetensi. Namun, keduanya memiliki tingkat kesukaran yang ideal.

(2) daya pembeda soal CBT dinilai sangat baik karena butir soal telah tersedia pada bank soal yang pernah diujikan sehingga soal yang dianggap memiliki kualitas buruk akan segera diganti, pada soal PBT dinilai baik karena sesuai dengan materi yang terdapat pada catatan siswa sehingga siswa menguasai kompetensi.

(3) efektivitas distraktor soal CBT dan PBT sudah cukup baik, namun pada soal PBT masih banyak distraktor yang harus direvisi agar berfungsi dengan baik.