SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN FOTO-FOTO SITUS DI TROWULAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PENINGGALAN KERAJAAN MAJAPAHIT KELAS X DI SMA NEGERI 3 KEDIRI

Prabandaru Wisnu

Abstrak


ABSTRAK

Prabandaru, Wisnu. 2018. Pengembangan Foto-Foto Situs di Trowulan Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Kerajaan Majapahit Kelas X di SMA Negeri 3 Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universita Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Ismail Lutfi. M.A.

 

Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, foto.

Pengembangan media pembelajaran foto-foto situs di Trowulan dengan judul Pengembangan Foto-Foto Situs di Trowulan Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Kerajaan Majapahit Kelas X di SMA Negeri 3 Kediri dilatarbelakangi oleh temuan masalah rendahnya ketersediaan dan penggunaan media pembelajaran kususnya pada matapelajaran sejarah. Hal ini dikarenakan memang kondisi kelas yang belum memiliki fasilitas yang mendukung, contohnya adalah LCD dan proyektor. Selain itu terdapat peraturan juga bahwa siswa di SMA Negeri 3 Kediri tidak diperbolehkan untuk membawa handphone. Berdasarkan kepada uraian latar belakang diatas, penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran “foto-foto” dengan pokok bahasan situs di Trowulan serta mengetahui kelayakan penggunaan media belajar “Foto-Foto Situs di Trowulan” yang diujikan kepada siswa kelas X SMAN 3 Kediri kelas X IPS 3.

Prosedur penelitian dan pengembangan ini menggunakan langkah-langkah Sugionoyaitu

(1) Potensi dan masalah, yaitu mengenai kebutuhan bahan ajar

(2) Pengumpulan data dengan melakukan penelitian arkeologi disertai kajian pustaka.

(3) Desain Produk, berupa media pembelajaran foto-foto situs di Trowulan

(4) Validasi desai, yaitu produk media pembelajaran divalidasi oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran

(5) Revisi desain, dilakukan sesuai dengan saran dan komentar validator

(6) Uji coba produk dalam skala kecil

(7) Revisi produk sesuai dengan keluhan peserta didik dalam uji coba skala kecil

(8) Uji coba dalam skala besar di kelas X IPS 3 SMA Negeri 3 Kediri

(9) Revisi produk terakir

(10) Produk akhir.

Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa media ini tergolong valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil dari validasi ahli materi yaitu 80% dan ahli media 97,5%. Sedangkan ujicoba kelompok kecil terhadap siswa memperoleh hasil 86% dan uji coba kelompok besar terhadap siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 3 kediri yaitu 93%.

 

Saran bagi peneliti selanjutnya adalah untuk mengembangkan media ini dengan materi yang lain, dikarenakan media pembelajaran ini dapat dimanfaatkan oleh guru dan peserta didik dalam proses belajar dan pembelajaran baik dikelas maupun diluar kelas. Selain itu media ini juga diharapkan dapat dikembangkan dengan inovasi desain yang lebih menarik.