SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KETERLIBATAN SOE HOK GIE DALAM GERAKAN MAHASISWA SOSIALIS DI INDONESIA 1961-1966

Faris Fathoni

Abstrak


Mahasiswa merupakan tokoh penting dalam golongan pemuda di Indonesia. Pada masanya, mahasiswa memiliki peran penting untuk mengamati dan mengkritik kinerja pemerintah. Pada saat Orde Lama mahasiswa memiliki peran penting dalam mengakhiri rezim pemerintahan yang dinilai semakin sewenang-wenang pada tahun 1966. Salah satu tokoh penting dalam gerakan mahasiswa angkatan 66 tersebut adalah Soe Hok Gie. Soe Hok Gie tidak hanya ikut turun ke lapangan secara langsung melakukan demonstrasi, namun jauh sebelum peristiwa 66 Soe Hok Gie telah mengkritik pemerintahan dengan berbagai tulisannya yang diterbitkan di sejumlah koran. Sebagai sosok yang idealis tulisan-tulisan Soe Hok Gie memang selalu tajam. Semasa kuliah, untuk menyalurkan pemikirannya Soe Hok Gie juga terlibat dalam salah satu organisasi underground yaitu Gerakan Mahassiswa Sosialis (gemsos). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang kehidupan Soe Hok Gie, mendeskripsikan pemetaan ideologi pemuda Indonesia tahun 1961-1969 serta bagaimana keterlibatan Soe Hok Gie dalam Gerakan Mahasiswa Sosialis (gemsos).

Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini meliputi:

(1) Penentuan Topik.

(2) Pencarian sumber-sumber sejarah/ heuristik.

(3) kritik sumber yang terbagi menjadi dua fase, kritik ekstern dan kritik intern.

(4) intepretasi sumber-sumber yang telah dikritik menjadi fakta sejarah.

(5) Historiografi yang penulis wujudkan dalam bentuk penulisan skripsi ini.

Hasil penelitian menunjukkan:

(1) Soe Hok Gie sejak kecil sering membaca buku baik dari luar maupun dalam negeri yang mengakibatkan pemikirannya menjadi kritis.

(2) Soe Hok Gie benar-benar telah terlibat dalam Gerakan Mahasiswa Sosialis.

(3) Pemikiran Soe Hok Gie yang idealis menyebabkan Soe Hok Gie menjadi sangat kritis dan terlibat dalam Gemsos serta berperan sebagai salah satu tokoh kunci yang membawa informasi penting dari militer tentang situasi-situasi terbaru selama pergerakan mahasiswa bulan Januari hingga Maret 1966.