SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan AjarInteraktif Berbasis Appy Pie Tentang Situs Makam Sunan Prapen Untuk Pembelajaran Siswa Kelas X MAN 1 Gresik

Azizatur Rokhmah

Abstrak


Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis Appy Pie ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang sudah menggunakan smartphone dalam pembelajaran di sekolah, pemanfaatan smartphone yang sangat baik oleh siswa bisa memudahkan siswa dalam belajar dengan hasil siswa semakin semangat dalam proses pembelajaran. Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis Appy pie dengan mengangkat materi situs makam Sunan Prapen ini juga dilatarbelakangi oleh ketidak tahuan siswa pada sejarah lokal yang ada di daerahnya sendiri khusunya pada situs makam Sunan Prapen dan juga letak sekolah yang jauh dengan lokasi obyek sejarah. Hal tersebut yang kemudian menjadi alasan peneliti dalam mengembangkan bahan ajar interaktif berbasis Android (Appy Pie).

Adapun tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk pengembangan berupa bahan ajar interaktif berbasis Appy Pie tentang Situs Makam Sunan Prapen Untuk Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X MAN 1 Gresik. Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis Appy Pie tentang situs makam Sunan Prapen ini disesuaikan dengan KD 3.7 yakni tentang menganalisis berbagai teori tentang masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.

Metode yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar interaktif berbasis Appy Pie ini yaitu menggunakan model penelitian dan pengembangan Sugiyono (2016) yaitumeliputi

(1) potensidanmasalah,

(2) pengumpulan data,

(3) desainproduk,

(4) validasidesain,

(5) revisidesain,

(6) ujicobaproduk,

(7) revisiproduk,

(8) ujicobapemakaian,

(9) revisiproduk, dan

(10) produksiakhir.

Sebelum diuji cobakan kelapangan, produk yang telah dikembangkan terlebih dahulu divalidasi oleh ahli materi dan ahli bahan ajar.Pada tahap validasi media mendapatkan hasil 88% sehingga bahan ajar dinyatakan layak dan tidak revisi, hanya saja terdapat beberapa saran dari validator untuk menyempurnakan produk. Sedangkan pada validasi materi mendapatkan hasil 96,6% dengan kategori sangat layak dan tidak revisi, hanya ada beberapa masukan untuk penambahan denah lokasi pada situs makam Sunan Prapen agar lebih baik.Pada tahap selanjutnya yakni uji coba produk yang dilakukan di kelas X IPS 1 MAN 1 Gresik, tahap uji coba produk ini dilakukan melalui dua tahap yakni pre test dan post test dan juga angket kelayakan. Hasil pre test dan post test mendapatkan hasil meningkat dengan nilai pre test sebesar 50% dan nilai post test 89% dengan selisih hasil sebesar 39% dan pada uji kelayakan mendapatkan hasil 93% dari kedua hasil tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar ini sangat efektif dan layak untuk pembelajaran sejarah. Tahap selanjutnya yakni uji coba pemakaian yang dilakukan di kelas X IPS 2 MAN 1 Gresik, tahap uji coba produk ini dilakukan melalui dua tahap yakni pre test dan post test dan juga angket kelayakan. Hasil pre test dan post test mengalami peningkatan sebesar 25% dan pada uji kelayakan mendapatkan hasil 90% dari kedua hasil tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar ini sangat efektif dan layak untuk dijadikan bahan ajar.

 

Bahan ajar interaktif berbasis Appy Pie pada materi situs makam Sunan Prapen ini diperuntukkan bagi semua kalangan khusunya pada kelas X MAN 1 Gresik sebagai bahan ajar yang bisa menunjang pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas sekaligus memperkenalkan dan memperkaya siswa akan pengetahuan tentang sejarah lokal yang ada di Gresik. Langkah disimenasi yang dapat dilakukan yakni dapat mengenalkan dan menyebarluaskan produk bahan ajar interaktif berbasis Appy Pie dalam lingkup pendidikan yang lebih luas melalui aplikasi shareit dan juga whatsapp karena bentuk dari produk ini juga soft file sehingga lebih memudahkan produk ini untuk disebarluaskan. Selain itu bahan ajar interaktif berbasis Appy Pie ini juga bisa disebarluaskan oleh peneliti melalui jurnal penelitian, agar mahasiswa pendidikan, guru atau pihak lainnya yang ingin mengmbangkan bahan ajar bisa mendapatkan informasi mengenai bahan ajar yang inovatif.