SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATAPELAJARAN SEJARAH KELAS X-IIS 2 DI MAN 1 MALANG KABUPATEN MALANG

Khoiridah Feny Mufidatul

Abstrak


ABSTRAK

Khoiridah, Feny Mufidatul. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Matapelajaran Sejarah Kelas X-IIS 2 di MAN 1 Malang Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Sejarah, Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Kasimanuddin Ismain, M.Pd.

 

Kata Kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, MAN 1 Malang

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di MAN 1 Malang pada kelas X-IIS 2 ditemukan bahwa pada saat pembelajaran di kelas, guru lebih banyak menjelaskan materi melalui metode ceramah dengan menggunakan powerpoint sehingga selama proses pembelajaran siswa cenderung pasif, didalam kelas guru berperan sebagai pusat informasi yang menyebabkan siswa kurang terlatih untuk berpikir dalam mencari bahkan memecahkan sebuah permasalahan dan pembelajaran hanya berorientasi pada penguasaan materi saja. Sehingga menyebabkan siswa kurang dalam berpikir kritis. Maka diperlukan model pembelajaran yang dapat menumbuhkan aktivitas berpikir kritis siswa, salah satunya yaitu model Problem Based Learning. Terdapat dua rumusan masalah yaitu:

1) bagaimana keterlaksanaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada matapelajaran sejarah kelas X-IIS 2 di MAN 1 Malang Kabupaten Malang, dan

2) bagaimana pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada matapelajaran sejarah kelas X-IIS 2 di MAN 1 Malang Kabupaten Malang.

Jenis penelitian ini yaitu pre-experimental design khusus pada bentuk one group pretest-posttest design dimana penelitian ini menekankan pada pengumpulan data dengan memberi soal essay pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Malang. Pengambilan sampel dilakukan dengan non probability sampling dengan teknik purposive sampling berdasarkan pertimbangan dari guru matapelajaran sejarah, sehingga dipilih satu kelas eksperimen yaitu X-IIS 2. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi indikator penilaian kemampuan berpikir kritis dan 5 soal essay. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan Paired Sampel Test dengan bantuan software SPSS 16.0 for windows.

Hasil penelitian

1) Keterlaksanaan model Problem Based Learning dapat diketahui dari hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran yang menunjukkan semua fase terlaksana dengan baik.

2) Model Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, hal tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai lembar observasi kemampuan berpikir kritis memiliki nilai rata-rata sebesar 16,47 dengan persentase rata-rata sebesar 68,63% yang termasuk dalam klasifikasi baik. Kemudian rata-rata nilai pretest menunjukkan nilai sebesar 47,08 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 77,94. Hal tersebut dibuktikan dengan uji hipotesis nilai tes memiliki  sebesar 19,061 dengan  sebesar 1,690 sehingga 19,061 1,690  dengan nilai signifikasi 0,00 < 0,05. Maka hasil uji hipotesis dalam penelitian ini disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.

 

ABSTRACT

Khoiridah, Feny Mufidatul. 2018. The Influence of Problem Based Learning Model on Student Critical Thinking in History Subjects of Class X-IIS 2 at MAN 1 Malang Regency. Thesis. History Department, History Education of Studies Program, Faculty of Social Sciences, State University of Malang. Supervisor: Drs. Kasimanuddin Ismain, M.Pd.

 

Keywords: Problem Based Learning, Critical Thinking, MAN 1 Malang

Based on observations conducted by researchers at MAN 1 Malang on class X-IIS 2 found that at the time of learning in the classroom, more teachers explain the material through lecture method using powerpoint so that during the learning process of students tend to be passive, in the classroom the teacher acts as a central information that led to poorly trained students to think in looking even solve a problem and learning oriented only in mastering course material. Causing students lacking in critical thinking. It would require learning design that can foster students' critical thinking activities, one of which is a design of Problem Based Learning. There are two formulation of the problem, that is:

1) How Problem Based Learning Design is implemented for students' critical thingking skills in historical subjects in class X-IIS 2 at MAN 1 Malang, Malang Regency

2) How is the effect of the Peoblem Based Learning design on the students' critical thingking skills in class X-IIS 2 Malang, Malang Regency.

This type of research is a special pre-experimental design in the form of one group pretest-posttest design where the research emphasis on the collection of data by essay pretest and posttest. The population in this study were students of class X MAN 1 Malang. Sampling was done by non-probability sampling with purposive sampling technique based on the consideration of teachers' lesson of history, so have a class experiment that X-IIS 2. The instruments used were observation sheet indicators of critical thinking skills assessment and 5 essay. Statistical analysis was performed using Paired Samples Test with SPSS 16.0 for Windows.

Results of the study

1) The design implementation of Problem Based Learning can be seen from the observation implementation learning design that shows all the phases are carried out.

 

2) Problem Based Learning Design positive effect on the students' critical thinking skills, it can be seen from the acquisition value observation sheet of critical thinking skills has an average value of 16.47 with an average percentage of 68.63% which is included in the classification of either.Then the average value of the pretest showed a value of 47.08, while the posttest average value amounted to 77.94. This is evidenced by the hypothesis test scores have amounted 19.061 to  amount of 1,690 so that 19.061 () > 1.690 () with significance value 0.00