SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HISTORY CARD BERBASIS QR CODE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PROSES MASUK BANGSA EROPA KE INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X KPR 1 SMK NEGERI 11 MALANG

Ni'mah Mazidatun

Abstrak


RINGKASAN

Ni’mah, Mazidatun. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran History Card Berbasis Qr Code dalam Pembelajaran Sejarah Materi Proses Masuk Bangsa Eropa ke Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X KPR I SMK Negeri 11 Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, history card, qr code, motivasi belajar

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan selama proses pembelajaran sejarah sehingga membuat siswa kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran sejarah dengan baik. Selain itu, motivasi belajar siswa juga cukup rendah terhadap matapelajaran sejarah karena siswa hanya terfokus pada pelajaran inti sesuai jurusannya. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran diperlukan untuk membuat siswa lebih tertarik dan termotivasi sehingga dapat mengikuti pembelajaran sejarah dengan baik. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah history card berbasis qr code. Media pembelajaran ini dikemas dalam bentuk kartu yang berjumlah 40 pcs dengan materi proses masuk bangsa Eropa ke Indonesia. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran history card berbasis qr code dan menguji kelayakan media, serta untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media history card berbasis qr code. Pada penelitian ini produk yang dihasilkan diterapkan pada kelas X KPR 1 karena kelas tersebut memiliki motivasi belajar yang lebih rendah dibandingkan dengan kelas X lainnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall (1989)

(1) penelitian dan pengumpulan informasi,

(2)perencanaan,

(3) pengembangan bentuk produk awal,

(4) uji coba lapangan persiapan,

(5) revisi produk utama,

(6) uji lapangan utama,

(7) pelaksaan revisi produk,

(8) uji lapangan operasional,

(9) revisi produk akhir,

(10) diseminasi dan implementasi.

Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi dan ahli media, serta angket penilaian siswa terhadap media dan motivasi belajar siswa. Hasil uji perorangan mendapat presentase sebesar 71%, pada uji kelompok kecil sebesar 74%, dan uji kelompok besar atau lapangan sebesar 81%. Terdapat kenaikan presentase motivasi belajar siswa terhadap matapelajaran sejarah dilihat dari data angket yaitu sebelum menggunakan media sebesar 55% (kategori motivasi rendah), dan hasil sesudah menggunakan media sebesar 82% (kategori motivasi tinggi). Berdasarkan hasil presentase yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media history card berbasis qr code layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penulis berharap agar media pembelajaran history card berbasis qr code bisa dipergunakan dalam pembelajaran sejarah dan disempurnakan lagi sehingga dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan.

 

SUMMARY

Ni'mah, Mazidatun. 2018. The Development of History Card Learning Media Based on Qr Code in Learning History of the Arrival of the Europeans to Indonesia to Improve the Learning Motivation of Tenth Graders of SMKN 11 Malang. Thesis, Department of History, Faculty of Social Sciences, Universitas Negeri Malang. Advisors: Dr. Dewa Agung Gede Agung, M. Hum.

 

Keywords: learning media, history card, Qr code, learning motivation

This research was conducted due to lack of instructional media used during the historical learning process so as it made the students were less interested to engange in historical learning. Besides, the students also have low learning motivation on historical subject because they only focus on core subjects according to their major. Hence, learning media is needed to make students more interested and motivated in order to increase the students’ engagement in historical teaching. One of the learning media that can be used is a history card based on Qr code. This learning media is packaged in the form of cards totaling 40 pcs with the Arrival of the Europeans to Indonesia as the topic. The objective of this research was to develop history card based on QR codes learning media and media feasibility, as well as to increase students' interest in learning history by using History Card based on qr code. In this study, the media was applied in grade X of KPR 1 due to having lower learning achievement compared to other class. This study used research and development methods according to Borg and Gall (1989), namely:

(1) research and information collecting;

(2) planning;

(3)develop preliminary form of product;

(4)preliminary field testing;

(5) operational field testing;

(6)operational product revision;

(7) main field testing;

(8) main product revision;

(9) final product revisions;

(10) dissemination and implementation.

The data instruments used were data and media validation sheets, as well as student questionnaires about the media implemented and students’ learning motivation. The individual test gets a percentage of 71%, in the small group of 74%, and the large group or field test is 81%. An enhancement of the percentage of students’ learning motivation could be seen before the media was implemented was 55% (low motivation category), and after the media was implemented was 82% (high category). Based on the percentage obtained, it can be concluded that history card based on Qr code media is suitable to be used as a learning media and can increase students learning motivation. The researcher hopes that history card based on Qr Code learning media can be used in historical learning and improved, so that it can make the learning is more enjoyable.