SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Media Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 1 SMAN 10 Malang Tahun Ajaran 2018/2019

Sa'adah Mutimmatus

Abstrak


RINGKASAN

Sa’adah, Mutimmatus. 2019. Pengaruh Media Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 1 SMAN 10 Malang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Sejarah, Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. JokoSayono, M.Pd, M.Hum. (2) Dr. R. Reza Hudiyanto, M.Hum.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, Pictorial Riddle, hasilbelajar, pembelajaransejarah

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang berada di bawah rata-rata Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 dan siswa kurang aktif dalam pelajaran sejarah. Siswa cenderung lebih cepat bosan dan kurang aktif disebabkan karena kurangnya media sehingga hasil belajar siswa tidak sesuai dengan standar kriteria minimal nilai. Maka peneliti bermaksud menggunakan media Pictorial Riddle sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Terdapat satu rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini yaitu “bagaimana pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMAN 10 Malang yang sebelum dan sesudah diajar menggunakan media Pictorial Riddle?”.

Model penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian one-group experiment dengan rancangan model one-group pre-test and post-test design model ini hanya menggunakan satu kelompok kelas saja tanpa adanya kelompok kontrol. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPS SMAN 10 Malang, untuk sampel yaitu kelas XI IPS 1 SMAN 10 Malang. Pemilihan sampel berdasarkan dengan teknik pursposive sampling yaitu dengan pertimbangan yang ahli dibidangnya, dimana adalah guru sejarah SMAN 10 Malang. Data dari penelitian ini yaitu hasil belajar yang diperoleh  dari nilai pre-test dan post-test. Teknik analisis menggunakan uji t (paired sample t-test) dengan bantuan software SPSS for Windows 16.0.

Berdasarkan analisis hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Pictorial Riddle berpengaruh positif, yaitu karena media ini dapat memvisualisasi pembelajaran sejarah dengan menghadirkan fakta, konsep, dan narasi sejarah sehingga siswa lebih memahami pembelajaran sejarah yang berdampak juga dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Rata-rata pre-test 59,11 meningkat 27,89 pada nilai post-test yaitu menjadi 89,00. Hasil ini dbuktikan dengan hitungan thitung 21,750while ttable 1,690, dari hasil tersebut maka 21,750(thitung) ≥ 1,690(ttabel) dengan niali signifikasi 0,005. Oleh karena itu maka H1 diterima dan H0 ditolak.

Saran untuk penelitian in iadalah:

(1) Media Pictorial Riddle dapat digunakan pada materi sejarah lainnya. Selain itu, guru juga dapat menggunakan media tersebut sebagai inovasi untuk mengajarkan materi sejarah yang lainnya agar siswa lebih aktif dan mengembangkan pengetahuan barunya, sehingga siswa menjadi lebih banyak menggalimateri yang dipelajarinya,

(2) Media Pictorial Riddle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS 1 SMAN 10 Malang. Oleh sebab itu, media pembelajaran ini baik dan layak untuk diterapkan pada pembelajaran sejarah di SMA/SMK/MA.