SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGGUNAAN BUKU CERITA BERGAMBAR PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IIS 2 SMAN 1 NGIMBANG LAMONGAN

Daniswara Alvin

Abstrak


ABSTRAK

Daniswara, A. 2018. Penggunaan Buku Cerita Bergambar Peristiwa Sekitar Proklamasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IIS 2 SMAN 1 Ngimbang Lamongan. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dewa agung gede agung, M.Hum.,

 

Kata Kunci: buku cerita bergambar, proklamasi, motivasi.

Pada pendidikan di sekolah, guru berperan penting dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran di sekolah hendaknya didukung oleh kemampuan serta profesionalitas guru, seperti penyusunan RPP yang lebih tepat dan menarik. Dari hasil observasi dapat diketahui bahwa dalam proses pembelajaran di kelas dirasa membutuhkan buku yang dapat meningkatkan motivasi siswa terhadap matapelajaran sejarah karena buku yang selama ini digunakan oleh guru untuk mengajar hanya buku paket yang sebagian besar berisi teks saja, sehingga siswa merasa bosan terutama di jamjam menjelang siang. Guru cenderung hanya menggunakan sebuah buku yaitu buku paket. Solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah rendahnya motivasi siswa kelas XI IIS 2 di SMAN 1 Ngimbang Lamongan salah satunya dengan menggunakan sebuah buku cerita bergambar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui proses pembelajaran melalui penggunaan buku cerita bergambar peristiwa sekitar proklamasi dan dampaknya terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Ngimbang. Buku cerita bergambar ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, data yang dikumpulkan adalah motivasi belajar siswa dengan menggunakan wawancara dan observasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan buku cerita bergambar peristiwa sekitar proklamasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan. Alasan gambar dapat meningkatan motivasi belajar karena gambar dapat menjelaskan pengertian-pengertian yang tidak dapat dijelaskan oleh kata-kata, yaitu satu gambar sama nilainya dengan seribu kata. Untuk penggunaannya yaitu buku cerita bergambar dibagikan kepada siswa-siswi, selanjutnya siswa-siswi membaca materi sesuai dengan yang mereka pelajari pada pertemuan itu. Untuk hasil peningkatan motivasi belajar siswa dimana sebelum menggunakan buku cerita bergambar ini motivasi belajar siswa masih tergolong rendah yang dibuktikan dengan hasil observasi yang dilakukan oleh kedua observer yaitu perolehan skor rata-rata observasi/pengamatan sebesar 37.3%. hasil motivasi siswa sedikit demi sedikit meningkat pada siklus-siklus selanjutnya. Pada siklus satu pertemuan I perolehan skor rata-rata observasi/pengamatan sebesar 39.7%. pada siklus satu pertemuan II perolehan skor rata-rata observasi/pengamatan sebesar 52.25%. pada siklus dua pertemuan II perolehan skor rata-rata observasi/pengamatan sebesar 78,4%. Pada siklus dua pertemuan II perolehan skor rata-rata observasi/pengamatan sebesar 97.7%.

 

ABSTRACT

Daniswara, A. 2018. Use of A Picture Story Books on the theme of Indonesian Independence Proclamation to Increase the History Learning Motivation of Class XI IIS 2 Students of SMAN 1 Ngimbang Lamongan. Thesis, History Department, Faculty of Social Sciences, State University Malang. Advisor: Dr. Dewa Agung Gede Agung, M. Hum.,

 

Keywords: picture story book, proclamation, motivation.

 

At schools, teachers played an important role in the learning process. The learning process in schools should be supported by the ability and professionality of teachers, such as the preparation of lesson plans more attractive and appropriate. The results of observations can be known that in the learning process in the classroom is considered need of books that can increase students' motivation towards historical subjects because the books which is used by teachers to teach only standard books which mostly contain only text,, so that students feel bored especially in after first break. Teachers tend to only use a book i.e. book package. solution that can be used to overcome the problem of low motivation grade XI IIS 2 students in SMAN 1 Ngimbang Lamongan is by using a picture storybook. This aim of this research is knowing the learning process through the use of picture storybooks on the theme Indonesian Independence proclamation and the impact on the learning motivation grade XI IIS 2 students of SMAN 1 Ngimbang. This picture storybook using a type of classroom action research, the data collected is student learning motivation using interviews and observation. The results of this study indicate that the use of picture storybooks on the theme Indonesian Independence Proclamation can significantly increase student motivation. The reason for the picture can be increased motivation to learn because picture can explain meanings that cannot be explained by words, that is, one image is worth a thousand words. To use it, picture storybook are shared with the students, then the students read the material according to they learned at the meeting. Results for the improvement of student learning motivation where before using this picture story book learning motivation of students still belongs to low as evidenced by the results of observations made by both the observer that is gaining an average score of observation /observation of 37.3%. the results of the motivation of student gradually increase on the next cycle-cycle. Cycle one meeting I gain an average score of observation / observation of 39.7%. At one meeting cycle II gaining an average score of observation / observation of 52.25%. On the cycle of the two meeting I obtaining an average score of observation of 78.4%. Cycle two meeting II gain an average score of observation / observation of 97.7%.