SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SMKN 2 TUREN KABUPATEN MALANG

Masfufatul Qolbiyyah

Abstrak


Berdasarkan observasi di SMKN 2 Turen  Kabupaten Malang  pada siswa kelas X API, ditemukan bahwa hasil belajar siswa masih banyak yang dibawah kriteria ketuntasan minimum. Dari data yang peroleh berdasarkan dokumentasi guru sejarah SMKN 2 Turen nilai ulangan harian siswa  pada materi disintegrasi bangsa mendapatkan nilai terendah 35 dan tertinggi 65. Perolehan nilai tersebut menunjukan perolehan hasil belajar yang masih dibawah kriteria keetuntasan minimum, adanya permasalahan tersebut maka diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar. Model Quantum Learning  merupakan sebuah model pembelajaran yang memungkinkan dapat membantu siswa memperoleh hasil belajar yang baik, sehingga sangat direkomendasikan untuk matapelajaran sejarah. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan penelitian tentang pengaruh model Quantum Learning.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experimental design khusus pada design one group pretest-posttest design dimana peneliti mengumpulkan data dengan memberikan soal berupa pilihan ganda pada saat pretest dan posttest. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keterlaksanaan model Quantum Learning di SMKN 2 Turen; (2) mengetahui pengaruh model Quantum Learning di SMKN 2 Turen. Populasi pada penelitian adalah kelas X API SMKN 2 Turen Kabupaten Malang. Pengambilan sampel dilakukan dengan non probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan rata-rata nilai harian dimana pada kelas X API SMKN 2 Turen tergolong rendah. Teknik pengumpulan data menggunkan pemberian pretest dan posttest untuk melihat hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian model Quantum Learning terhadap berpengaruh hasil belajar siswa, dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest dan posttest. Nilai pretest dengan hasil nilai rata-rata sebesar 29.08 sdan nilai posttest dengan hasil nilai rata-rata sebesar 76.77. Dengan adanya data tersebut yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest lebih tinggi daripada pretest dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa. Kemudian hasil analisis data menggunakan uji t-test menunjukkan bahwa nilai    sebesar 24.183 dengan  1.697 dengan nilai signifikan 0,00