SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peran Wanita Petani Dalam Kehidupan Ekonomi Keluarga di Desa Pucakwangi Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati

Ambit Novendi Triwibowo

Abstrak


Masyarakat di Desa Pucakwangi sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani, dimana seperti yang kita ketahui keluarga petani di Indonesia tingkat ekonominya masih tergolong rendah. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan hidup membawa pengaruh terhadap peran wanita petani di Desa Pucakwangi. Penelitian ini merupakan penelitian awal tentang peran wanita petani di Desa Pucakwangi, yang bertujuan untuk mengetahui tentang peran wanita petani di Desa Pucakwangi dalam membantu kehidupan ekonomi keluarganya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran bahwa seorang wanita petani perannya tidak hanya berkutat pada tiga hal, yaitu: masak, macak dan manak saja.  
    Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimanakah kehidupan sosial budaya masyarakat petani Desa Pucakwangi, (2) Apakah faktor-faktor yang mendorong wanita petani ikut berperan dalam membantu kehidupan ekonomi keluarga di Desa Pucakwangi, (3) Bagaimana peran wanita petani dalam membantu kehidupan ekonomi keluarga di Desa Pucakwangi. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan kehidupan sosial budaya masyarakat petani Desa Pucakwangi, menjelaskan faktor-faktor yang mendorong wanita petani ikut berperan dalam membantu kehidupan ekonomi keluarga di Desa Pucakwangi, serta menjelaskan peran wanita petani dalam membantu kehidupan ekonomi keluarga di Desa Pucakwangi.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan sumber data berupa data primer yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan pencatatan langsung di lapangan. Dalam penelitian peran wanita dalam kehidupan ekonomi keluarga ini juga dipergunakan data sekunder, seperti buku. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa faktor dalam kehidupan sosial budaya masyarakat Desa Pucakwangi yang ikut mempengaruhi para wanita petani untuk membantu dalam kehidupan ekonomi keluarganya, yaitu: (1) keluarga dan kekerabatan dimana banyak dari keluarga petani Desa Pucakwangi yang membentuk keluarga luas karena belum bisa membeli tanah sendiri dan membuat rumah sendiri, (2) kebiasaan gotong-royong dan tolong-menolong dalam kehidupan keluarga petani yang kadang-kadang memerlukan anggaran yang cukup banyak, (3) kepercayaan dan upacara-upacara yang dilakukan oleh masyarakat petani Desa Pucakwangi dalam setiap akan melakukan suatu acara atau kegiatan yang dianggap penting harus di lakukan suatu upacara-upacara tertentu seperti selamatan, tentunya hal ini juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain hal diatas ada dua faktor penting yang menjadi pendorong wanita petani Desa Pucakwangi untuk ikut berperan dalam membantu kehidupan ekonomi keluarganya, meliputi: (1) faktor ekologi (lingkungan) terdapatnya sarana penunjang yang berupa sarana transportasi dan pasar yang bisa mendukung dalam perluasan pemasaran hasil produksi pertanian ke daerah lain, (2) faktor ekonomi, yaitu: semakin menurunnya tingkat pendapatan petani, tingginya angka kelahiran di masyarakat petani Desa Pucakwangi dan semakin tingginya harga barang-barang yang digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup setiap harinya, ini disebabkan oleh kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang dilakukan oleh pemerintah. Pada masyarakat petani Desa Pucakwangi terdapat tiga bentuk peranan wanita petani dalam kehidupan keluarganya, yaitu: dalam pendapatan keluarga, dalam pengelolaan keuangan dan dalam pengaturan kerumahtanggaan. Dalam usaha ikut serta membantu pendapatan keluarga, bentuk partisipasi para wanita petani di Desa Pucakwangi ada empat hal yaitu: (1) bekerja dalam sektor pertanian, (2) bekerja dalam sektor peternakan, (3) bekerja dalam sektor perdagangan, (4) bekerja pada sektor industri. Berdasarkan hal di atas wanita petani di Desa Pucakwangi mempunyai peran ganda, yaitu peran publik dan peran domestik untuk membantu kehidupan ekonomi keluarganya.
    Dari penelitian ini disarankan para wanita harus bisa meneladani atau mencontoh apa yang telah dilakukan oleh para wanita petani di Desa Pucakwangi dalam membantu kehidupan ekonomi keluarganya, yaitu bekerja tanpa melupakan kewajibannya sebagai ibu rumah tangga.