SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Media Pembelajaran Sejarah di SMP Negeri 1 Probolinggo

Nila Triwidyani

Abstrak


ABSTRAK

 

Triwidyani, Nila. 2010. Pemanfaatan Media Pembelajaran Sejarah di SMP Negeri 1 Probolinggo. Skripsi, Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Joko Sayono M.Pd, M.Hum.

 

Kata kunci: pemanfaatan media pembelajaran

 

Proses belajar-mengajar perlu dilakukan dengan nyaman dan menyenangkan. Hal tersebut akan menuntut aktivitas dan kreativitas guru dalam menciptakan lingkungan yang kondusif. Penciptaan suasana pembelajaran yang kondusif dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya yaitu dengan pemanfaatan media pembelajaran yang menarik. Pemanfaatan media pembelajaran membantu guru dalam menyampaikan kegiatan pembelajaran, mengingat kondisi kemampuan siswa di dalam kelas berbeda-beda di dalam merespon pelajaran. Di SMP Negeri 1 Probolinggo telah tersedia media pembelajaran yang bervariasi yang mendukung pembelajaran IPS terutama sejarah, namun tidak diketahui pemanfaatan media pada proses pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) jenis media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Sejarah, 2) faktor-faktor yang mempengaruhi guru dalam menentukan jenis media pembelajaran Sejarah, 3) kendala dalam pemanfaatan media pembelajaran Sejarah, 4) cara mengatasi kendala pemanfaatan media pembelajaran, 5) manfaat penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran Sejarah.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang: 1) jenis media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Sejarah, 2) faktor-faktor yang mempengaruhi guru dalam menentukan jenis media pembelajaran Sejarah, 3) kendala yang ditemui dalam pemanfaatan media pembelajaran Sejarah, 4) cara mengatasi kendala pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran Sejarah, 5) manfaat penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran Sejarah.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Peneliti bertindak sebagai instrumen kunci dan pengumpul data. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui: 1) observasi, 2) wawancara mendalam, dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu, penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan tiga instrumen yaitu 1) efektivitas penggunaan waktu, 2) observasi intensif, dan 3) triangulasi.

Setelah melalui proses pengolahan data, diketahui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dalam pembelajaran sejarah, guru SMP Negeri 1 Probolinggo menggunakan jenis media pembelajaran yang bervariasi. Jenis media yang digunakan dalam pembelajaran sejarah berupa media elektronik maupun cetak. Media elektronik berupa komputer, LCD dan internet. Media cetak berupa buku pelajaran, kliping, gambar, peta, atlas, poster, foto, dan mading, (2) Faktor yang mempengaruhi guru dalam menentukan jenis media pembelajaran sejarah di SMP Negeri 1 Probolinggo yaitu materi atau bahan ajar yang dihadapi, (3) kendala-kendala yang dialami pada pemanfaatan dalam pembelajaran Sejarah di SMP Negeri 1 Probolinggo antara lain terbatasnya buku sumber untuk mata pelajaran Sejarah, faktor teknis, seperti rusaknya komputer, faktor dari guru sendiri seperti kurang menguasai penggunaan komputer, faktor dari diri siswa yang malas membaca buku materi. Guru Sejarah telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi kendala-kendala, (4) dalam pemanfaatan media pembelajaran Sejarah diantaranya yaitu mengganti media yang terbatas dengan media lain yang mempunyai fungsi hampir sama misalnya buku materi diganti dengan Buku Sekolah Elektronik (BSE), mengusulkan/meminta kepada pihak sekolah untuk menyediakan media yang dirasa kurang/terbatas, memanggil teknisi untuk memperbaiki media yang rusak, pelatihan In House Training (IHT) untuk guru, dan siswa diminta membuat atau mengumpulkan bahan yang berhubungan dengan materi, (5) Manfaat penggunaan media pembelajaran Sejarah di SMP Negeri 1 Probolinggo yaitu meningkatkan motivasi siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa meningkat pula.

Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan media pada semester genap. Saran bagi peneliti selanjutnya yaitu diharapkan untuk melakukan penelitian pada semester ganjil dan semester genap, serta melihat pengembangan bahan kajian, tidak hanya pada pemanfaatan media tetapi juga persiapan, pelaksanaan dan hasil dari pemanfaatan media di sekolah.