SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 TUREN KABUPATEN MALANG

Robiyansyah .

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keterlaksanaan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPA SMAN 1 Turen Kabupaten Malang. (2) pengaruh model pembelajaran make a match terhadap keaktifan siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian pre eksperimental design dengan desain one-shot case study yang dilakukan pada kelas eksperimen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t atau paired sample test. Hasil penelitian ini adalah (1) keaktifan belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran make a match menghasilkan nilai rata-rata keaktifan siswa sebesar 41 (2) keaktifan belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran make a match mengalami peningkatan yang cukup signifikan nilai rata-rata keaktifan siswa sebesar 63 (3) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match terhadap keaktifan belajar siswa.