SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN OUTDOOR LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPA 3 SMAN 1 DAGANGAN KABUPATEN MADIUN

Prida Purwoko

Abstrak


Pada obeservasi awal, yang dilakukan pada 11 Pebruari 2016  di
SMAN 1 Dagangan Kabupaten Madiun kelas XI IPA 3 peneliti memperoleh data tentang proses pembelajaraan. Temuan masalah yang terjadi diantaranya tingkat motivasi dan hasil belajar siswa yang rendah. Pembelajaran inovatif bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pembelajaran Outdoor Learning merupakan salah satu dari model pembelajaran yang inovatif. Pembelajaran Outdoor Learning mengajak siswa untuk melakukan pembelajaran langsung kepada obyek yang akan dipelajari. Keberhasilan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah peran guru dan siswa, penerapan metode dan penggunaan media pembelajaran. Pemilihan motivasi dan hasil belajar sebagai subjek penelitian dikarenakan di kelas tersebut kurang termotivasi dalam mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu diperlukan adanya pembahasan mengenai penerapan Outdoor Learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Outdoor Learning, motivasi belajar, hasil belajar

Abstract  : Based on the first observation was done on February 11 2016 at Sman 1 Dagangan Madiun the result of student test XI IPA 3 researcher obtained data about the learning process. The findings of the problem that happened in between is to improve motivation and student learning outcomes. Innovative learning aims to improve motivation and student learning outcomes. outdoor learning is one of the innovative learning models. Outdoor learning invites students to do learning directly to the object to be studied. Learning success is determined by many factors such as the role of teachers and students, application methods and the use of media of instruction. Learning motivation and election result as a subject of research because of the less motivated in class in following lessons given by teachers. Therefore it is necessary the presence of a discussion of the application of outdoor learning to increase student motivation and learning outcomes.

Keywords: Outdoor Learning, learning motivation, learning outcomes