SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Kumpulan Cerita Pendek sebagai Sumber Belajar Sejarah Kelas XI Pokok Bahasan Menganalisis Respon Bangsa Indonesia Terhadap Imperialisme dan Kolonialisme

Yunita Afika

Abstrak


ABSTRAK

 

Sumber belajar sejarah tidak terbatas hanya pada buku teks resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah, melainkan bisa juga berupa buku bacaan seperti novel, cerita, komik, dan sebagainya. Oleh karena itu, peneliti menyusun sumber belajar sejarah yang berbeda dan menarik namun tetap bisa bisa menyampaikan maksud dan tujuan pembelajaran dengan baik yaitu dalam bentuk buku antologi cerita pendek yang berjudul “Djoeang”. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah mengadopsi dari Sugiyono namun dengan penyesuaian sehingga hanya ada sembilan langkah penelitian saja. Hasil yang diperoleh pada tahap validasi materi sebesar 93,75%, hasil validasi media sebesar 93,75%, hasil uji coba kelompok kecil sebesar 85,39%, dan hasil uji coba kelompok besar sebesar 89,63%. Sumber belajar sejarah berupa buku antologi cerita pendek berjudul “Djoeang” ini telah telah diuji coba sehingga tergolong valid dan layak diimplentasikan untuk mendukung pembelajaran sejarah.