SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Android “History Modul & Quiz” (Himoquiz) via Aplikasi Construct 2 pada Matapelajaran Sejarah Peminatan K.D 3.3 Materi Perkembangan & Dampak Perang Dingin

Ari Andriansyah

Abstrak


Pelajaran sejarah di sekolah, mayoritas disampaikan dengan cara konvensional. Hal tersebut didukung dengan kondisi pembelajaran sejarah saat ini, bahan ajar yang digunakan mayoritas berbentuk cetak. Berdasarkan potensi yang ada bahwa mayoritas peserta didik menggunakan smartphone Android dan potensi lainnya bahwa peserta didik bisa menggunakan aplikasi Android untuk bahan pembelajaran sejarah. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan pembelajaran sejarah tersebut adalah mengembangkan bahan ajar aplikasi Himoquiz dalam smartphone Android.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk aplikasi Android Himoquiz sebagai bahan pembelajaran sejarah untuk peserta didik kelas XII SMA progam IPS.Kemudian produk diuji cobakan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifannya sebagai alternatif bahan pembelajaran sejarah.

Metode yang digunakan peneliti adalah model pengembangan dari Sugiyono, namun mengalami modifikasi yakni, (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, (10) diseminasi.

Produk pengembangan aplikasi Himoquiz yang dihasilkan, antara lain: (1) berisi materi sejarah perkembangan & dampak perang dingin yang sesuai dengan K.D 3.3, (2) terdapat soal evaluasi berbentuk kuis yang dapat memberikan nilai secara otomatis, (3) produk dikembangkan dengan software engine Construct 2, (4) produk ini dalam bentuk file berjenis .apk.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi produk Himoquiz dari ahli materi mendapat presentase kelayakan 98%, sedangkan dari ahli media mendapat presentase kelayakan 81%. Dari hasil uji coba kelompok kecil dengan jumlah 6 peserta didik dari kelas XII IPS4 SMAN 1 Kauman diperolehpresentase sebesar 72% pada uji efektifitas produk. Dari hasil uji coba kelompok besar dengan jumlah 38 peserta didik dari kelas XII IPS1 SMAN 1 Kauman diperoleh presentase sebesar 78% pada uji efektifitas produk. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan aplikasi Himoquiz ini layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran sejarah. Diharapkan dengan dibuat dan dikembangkannya bahan ajar Himoquiz ini, dapat memberikan inspirasi pada para peneliti lain untuk mengembangkan bahan ajar sejenis agar lebih inovatif dan variatif.