SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Sejarah Sebagai Sarana Penanaman Nilai Nasionalisme di Kelas X SMKN 10 Malang

Nindita Apriliana

Abstrak


ABSTRAK

 

RINGKASAN

Apriliana, Nindita. 2018. Persepsi Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Sejarah Sebagai Sarana Penanaman Nilai Nasionalisme di Kelas X SMKN 10 Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Kasimanuddin Ismain, M.Pd.

Kata Kunci: Persepsi, Peserta Didik, Mata Pelajaran Sejarah, Nasionalisme

Setiap pembelajaran mewujudkan makna masing-masing, begitu pula dengan mata pelajaran sejarah, kita tahu sendiri bahwa dengan cara kita mempelajari sejarah, kita akan mengetahui bagaimana latar belakang negara kita berdiri dan hal ini tentunya akan menumbuhkan rasa nasionalisme pada diri kita. Pembelajaran sejarah juga dapat menumbuhkan nilai nasionalisme bagi peserta didik, hal tersebut berdampak kepada sikap tingkah perilaku yang dimiliki oleh peserta didik itu sendiri. Dan hal ini juga didapat karena minat mereka dalam pembelajaran tersebut karena dimana ada seseorang yang kurang minat akan sesuatu pastinya mereka akan menyepelekan sesuatu tersebut begitu juga pelajaran. Penelitian dilaksanakan berdasarkan dua rumusan masalah, yaitu Bagaimana pembelajaran sejarah di SMKN 10 Malang, dan bagaimana persepsi peserta didik terhadap mata pelajaran sejarah sebagai sarana penanaman Nilai Nasionalisme di kelas X SMKN 10 Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Wawancara dan dokumentasi dipilih sebagai teknik pengumpulan data. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman wawancara, dan peneliti sebagai instrumen penelitian. Untuk pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan triangulasi dan member check. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa minat sangat berpengaruh dalam mencapai suatu keberhasilan suatu pembelajaran, hal ini membuat guru dituntut selalu bisa memberikan metode baru dalam menerangkan materi di kelas. Dan  persepsi peserta didik terhadap mata pelajaran sejarah sebagai sarana penanaman nilai nasionalisme sudah dapat dipahami oleh peserta didik, mereka sudah dapat memberikan contoh dan menerapkannya dari nilai Nasionalisme tersebut dalam lingkungan sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari. Jadi dalam pembelajaran sejarah, tidak hanya mempelajari bagaimana latar belakang terbentuknya negara Indonesia namun dapat juga menanamkan nilai Nasionalisme pada peserta didik. Peserta didik dapat mengetahui kejadian dimasa lampau dengan mempelajari sejarah, Kejadian dimasa lampau dapat memberikan pengalaman dalam menghadapi dan memecahkan suatu permasalahan dalam kehidupan dan juga dapat dapat dijadikan gambaran dan pedoman bagi suatu bangsa untuk mempertahankan, membela dan menjadikan bangsa lebih baik lagi.