SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Film Dokumenter Soekarno untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri Bareng Jombang

Bagas Sebastya Hadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Hadi, Bagas Sebastya. 2018. Penerapan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Film Dokumenter Soekarno untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri Bareng Jombang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum

Kata Kunci: PTK, Proklamasi, Minat Belajar

Penelitian ini menerapan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Film Dokumenter Soekarno untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri Bareng. Penelitian ini di dasari adanya permasalahan yang terjadi di SMA Negeri Bareng di siswa kesulitan untuk mengikuti penjelasan dari guru, dimana dalam hal ini guru sejarah di sekolah tersebut masih kurang memanfaatkan media pembelajaran terkini. Seperti yang telah diketahui pada saat observasi, siswa Kelas XI IPS 1 masih kesulitan untuk memahami sub materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI. Berdasarkan masalah tersebut, maka peneliti ingin menerapkan media pembelajaran berbasis film dokumenter Soekarno

PTK ini bertujuan untuk memperbaiki minat belajar, dimana PTK memiliki model siklus yang berbeda-beda. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan PTK Kemmis dan Mc Taggart yang menggunakan 2 Siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik penelitian tindakan kelas.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dengan menggunakan media Film Dokumenter siswa Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri Bareng  semakin meningkat minat belajarnya. Hal ini di ketahui dari lembar penilaian yang telah di lakukan oleh peneliti. Selain itu peningkatan tersebut dapat diketahui pula lewat angket yang telah di sebarkan kepada siswa.

Penelitian ini di harapkan mampu mempermudah peneliti lain yang akan melakuakan penelitian yang sama dan permasalahan yang sama, maka penggunaan media film dokumenter ini bisa menambah minat belajar siswa dalam pelajaran sejarah.