SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN KUARTET PERIODISASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH KERAJAAN HINDHU-BUDDHA DI JAWA TIMUR KELAS X SMA NEGERI 1 BATU

Rananda Dhinata

Abstrak


ABSTRAK

 

Dhinata, R. 2018. Pengembangan Kuartet Periodisasi Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kerajaan Hindhu-Buddha di Jawa Timur Kelas X SMA Negeri 1 Batu. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Joko Sayono, M.Pd, M.Hum, (II) Dr. Blasius Suprapta, M.Hum.

Kata Kunci: Kuartet Periodisasi, Media Pembelajaran, Sejarah Kerajaan Hindhu-Buddha.

Kartu kuartet periodisasi merupakan kartu permainan yang berisi topik dan sub topik didalamnya selain itu terdapat gambar dan penjelasannya tentang sejarah. kartu kuartet periodisasi di kembangkan sebagai media pembelajaran sejarah. Produk yang dikembangkan berdasarkan permasalahan yang muncul pada proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Batu. Permasalahan yang didapati yakni siswa kurang aktif pada pembelajaran sejarah ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan guru, guru hanya menggunakan metode ceramah, kurangnya minat siswa dalam belajar sejarah dan pelajaran sejarah hanya bersifat hafalan.  Oleh sebab itu peneliti mengembangkan produk media pembelajaran sejarah. Adapun pengembangan produk tersebut adalah kartu kuartet periodisasi sejarah kerajaan Hindhu-Buddha di Jawa Timur.

Berdasarkan masalah diatas terdapat tujuan dikembangkannya media kartu kuartet periodisasi yakni (1) Menghasilkan media kartu kuartet periodisasi yang dilengkapi petunjuk penggunaan dan sebagai alternatif media pembelajaran pada topik peninggalan masa kerajaan Hindhu-Buddha di Jawa Timur, (2) Menghasilkan media pembelajaran kartu kuartet periodisasi yang layak menurut ahli media dan ahli materi peninggalan masa kerajaan Hindhu-Buddha di Jawa Timur, dan (3) Menilai efektifitas media kartu kuartet periodisasi berdasarkan hasil tes yang dilakukan pada topik peninggalan masa kerajaan Hindu-Buddha di Jawa Timur kelas X SMA Negeri 1 Batu.

Pada penelitian ini menggunakan metode peneltian pengembangan, yang terdiri atas, yaitu (1) Potensi masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji coba, (7) Revisi Produk, (8) Uji Pemakaian, (9) Revisi Produk.

Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, ahli materi sebesar 93,7%, dan ahli media sebesar 98%. Hasil uji coba yang diperoleh yaitu, uji coba satu lawan satu sebesar 91%, uji coba kelompok kecil sebesar 89,1%, dan uji coba lapangan sebesar 89%. Kemudian hasil Pre Test dengan nilai rata-rata 80. Hasil Post Test dengan nilai rata-rata 93. Dengan demikian dapat disimpulkan media kartu kuartet periodisasi sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas.