SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 7 MALANG

Nofian Amrulloh

Abstrak


 Tujuan  dilaksanakannya penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 7 Malang, dan (2) Menganalisis peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 7 Malang. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pendekatannnya adalah pendekatan Action Research (Penelitian Tindakan). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya penerapan Model Problem Based Learning dengan Metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Malang. Hal ini dapat diketahui dari adanya peningkatan presentase di mulai dari Pra Tindakan, Siklus I sampai Siklus II yang terus mengalami peningkatan. Pada Pra Tindakan diketahui motivasi belajar siswa sebesar 65,8%  dan meningkat menjadi 76,7% pada Siklus I, dan meningkat lagi pada Siklus II menjadi sebesar 84,2%. Dari adanya hal itu dapat diketahui motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 sudah mengalami peningkatan.