SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Muatan Fakta Sejarah dalam Film Karya Usmar Ismail 1950-1954

Nila zulfa

Abstrak


ABSTRAK

 

Zulfa, Nila . 2018. Muatan Fakta Sejarah dalam Film Karya Usmar Ismail (1950-1954). Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Ismail Lutfi, M.A.

Kata Kunci: fakta sejarah, film, Usmar Ismail

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tentang muatan fakta dalam film bertema epik historis. Film yang digunakan sebagai media penyalur informasi dan komunisasi massal  yang bergenre sejarah akan memunculkan sebuah permasalahan tentang relevansi muatan fakta sejarah yang terdapat dalam film. Permasalahan yang diteliti adalah: (1) latar peristiwa dalam film Usmar Ismail (1950-1954), (2) latar kehidupan Usmar Ismail, (3) muatan fakta sejarah dalam tiga film karya Usmar Ismail (1950-1954) yakni film Darah dan Doa, Enam Djam di Djokja, dan film Lewat Djam Malam.Tujuan penelitian ini (1) memaparkan latar peristiwa yang diangkat dalam film Darah dan Doa, Enam Djam di Djokja, dan film Lewat Djam Malam, (2) merekontruksi latar kehidupan Usmar Ismail (3) mendapatkan kesimpulan tentang muatan fakta sejarah dalam tiga film karya Usmar Ismail yakni film Darah dan Doa, Enam Djam di Djokja, dan film Lewat Djam Malam.

Jenis penelitian ini menggunakan metode sejarah Kuntowijoyo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori neorealisme dan teori mimetik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan library research. Sumber data primer dalam penelitian ini berupa film serta data tekstual berupa resensi film dan surat kabar. Sedangkan data sekunder menggunakan buku-buku serta penelitian terdahulu yang terkait dengan latar peristiwa yang menjadi sumber inspirasi dalam pembuatan film Darah dan Doa, Enam Djam di Djokja, serta film Lewat Djam Malam.

Berdasar hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan yakni pertama, latar peristiwa dalam film yang menjadi ini merupakan sebuah fakta sejarah berdasarkan data dalam dokumen. Kedua, Usmar Ismail merupakan multitalent person dan tokoh revolusioner dengan membawa karakter film nasionalis pertama dalam dunia perfilman Indonesia. Ketiga, muatan fakta sejarah dalam film Darah dan Doa, Enam Djam di Djokja, serta film Lewat Djam Malam yang berdasar pada dokumen dan arsip.

ABSTRAK

Zulfa, NilaIliyyatuz. 2018. Historical Facts onUsmar Ismail Movies (1950-1954). Thesis, Department of History, Faculty of Social Sciences, State University of Malang. Advisor: Drs. Ismail Lutfi, M.A.

Keyword:historical facts, movie, Usmar Ismail

This research is supposed by the problem of facts in the movie which is categorized as epic-historic. In this case, movie as a tool of sending public information and communication will trigger a problem about relevancy of historical facts in the movie and archives. Research problems are (1) the ideas onUsmar Ismail movies (2)background and thought of Usmar Ismail, (2) the value of history facts inside of three movies of Usmar Ismail (1950-1954) such as DarahdanDoa, EnamDjam di Djokja, and LewatDjamMalam movie. This research aimed to (1) construct the fact of UsmarIsmial movies (DarahdanDoa, EnamDjam di Djokja, and LewatDjamMalam) (2) construct background and thought ofUsmar Ismail, (2) conclude of historical facts on three of Usmar Ismail movies such as DarahdanDoa, EnamDjam di Djokja, and LewatDjamMalam movie.

This research which used approach of Kuntowijoyo history method. Theoretical frameworks used in this research are neorealism and mimetic theory. To collect the data, the researcher used observation and literary study. The primary data of this research is a film and text like newspaper and map archive. Meanwhile, the secondary data are many books of ground force and previous studies which is related to an event as main inspiration of making DarahdanDoa, EnamDjam di Djokja, and LewatDjamMalam movie.

Based on data analysis above, the researcher concluded that background of the movie that it into this is a historical fact based on the data in a document,Usmar Ismail is a multi-talent person and revolutionary figure in film industry, who shows character of nationalistic film in industry film of Indonesia. Second, the value of facts in movies by Usmar Ismail such as DarahdanDoa, EnamDjam di Djokja,and LewatDjamMalam is same with history archives which is supported and directed by both witness and actor of the event inside the movie.