SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Leaflet Berbasis QR Barcode Pada Materi Sejarah Lokal Malang untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Singosari.

Dina Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Dina. 2018. Pengembangan Leaflet Berbasis QR Barcode Pada Materi Sejarah Lokal Malang untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi, Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Joko Sayono, M.Pd., M.Hum.

Kata Kunci: Leaflet berbasis QR barcode, Bahan Ajar, Motivasi Belajar.

Matapelajaran sejarah berkaitan dengan suatu peristiwa di masa lampau. Keterbatasan kemampuan kita untuk mengamati secara langsung peristiwa sejarah dapat diatasi melalui sumber-sumber sejarah. Hanya sebagian kecil dari peristiwa sejarah dapat dicapai melalui pengamatan biasa. Banyak bagian lain dalam peristiwa sejarah yang hanya mungkin dicapai dengan daya imajinasi tinggi. Keadaan ini mengharuskan guru sejarah untuk memanfaatkan berbagai alat bantu mengajar yang dapat memvisualisasikan peristiwa sejarah sehingga memudahkan siswa untuk memahami peristiwa tersebut, dalam hal ini maka peranan bahan ajar sangat dibutuhkan guru dalam pembelajaran sejarah di kelas. Kenyataan di lapangan menunjukkan terbatasnya bahan ajar yang digunakan guru sejarah di SMK Negeri 1 Singosari pada saat mengajar. Kecenderungan guru menggunakan bahan ajar yang siap pakai seperti LKS menyebabkan siswa kurang memiliki ketertarikan terhadap pembelajaran sejarah. Bahan ajar tersebut tidak dapat membantu mengatasi kesulitan siswa memvisualisasikan peristiwa sejarah. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mengembangkan bahan ajar leaflet berbasis QR barcode. Sebuah bahan ajar yang dapat membantu menjelaskan materi yang abstrak mejadi konkrit melalui tampilan-tampilan visualnya. Tujuan pengembangan ini adalah menguji efektivitas dan kelayakan bahan ajar serta untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Metode penelitian dan pengembangan adalah metode yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE. Adapun tahap-tahapnya adalah analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Model penelitian dan pengembangan ini dipilih karena memiliki langkah-langkah yang sistematis, rinci dan sesuai kebutuhan dalam mengembangkan produk Leaflet  berbasis QR Barcode, selain itu model pengembangan ADDIE  juga merupakan model yang dapat digunakan untuk berbagai macam bentuk pengembangan produk, termasuk pengembangan bahan ajar.

Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa bahan ajar leaflet berbasis QR barcode ini layak. Hal tersebut berdasarkan hasil persentase penilaian validator ahli materi sebesar 80%, dan validator media/bahan ajar sebesar 82%. Motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, berdasarkan hasil persentase motivasi belajar sebelum pemakaian produk sebesar 74%, dan setelah pemakaian produk naik hingga 84%. Hal ini dikarenakan pemahaman siswa terhadap materi meningkat sehingga diikuti dengan kenikan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu bahan ajar leaflet berbasis QR barcode ini layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajara sejarah yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.