SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Gaya dan Fungsi Arsitektur Cina-Eropa Pada Rumah Tinggal Oei Boen Thong di Kota Malang (Dalam Perspektif Sejarah)

Evy Kartika Candra

Abstrak


Rumah tinggal Oei Boen Thong adalah salah satu bangunan peninggalan Masa Kolonial yang berasitektur Cina-Eropa yang masih terpelihara keaslian bentuknya. Rumah tinggal tersebut pernah mengalami renovasi satu kali pada tahun 1924, meskipun pernah direnovasi, tetapi atmosfir kolonialnya yang khas masih sangat terasa. Sejauh ini telaah tentang arsitektur rumah tinggal Oei Boen Thong belum pernah dilakukan. Oleh karena itu rumusan masalah yang dapat diangkat berkenaan dengan penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Bagaimanakah gaya arsitektur yang terdapat pada rumah tinggal Oei Boen Thong, (2) Kapan bangunan rumah tinggal Oei Boen Thong didirikan dan apa yang menyebabkan rumah Oei Boen Thong direnovasi, (3) Apa fungsi komponen-komponen pada rumah tinggal Oei Boen Thong.
Penelitian ini merupakan penelitian arkeologi yang menggunakan analisis gaya, analisis fungsi dan analisis morfologi. Prosedur pengumpulan data untuk data lapangan mengunakan metode observasi dan wawancara. Sedangkan untuk data kepustakaan menggunakan library research. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data artefaktual, oral, dan tekstual. Adapun pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya arsitektur pada rumah tinggal Oei Boen Thong adalah gaya Indische Empire yang merupakan hasil adaptasi dari Empire Style yang berkembang di Eropa pada abad ke-18. Indische Empire Style ini tampak pada bentuk bangunannya yang megah, berdinding tebal, berlangit-langit tinggi, dan ruangannya simetris dengan lorong-lorong tertentu. Sedangkan unsur-unsur Cina-nya hanya terlihat pada ornamen-ornamen yang menghiasi rumah tinggal tersebut. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan diperkirakan bangunan rumah tinggal Oei Boen Thong didirikan pada tahun 1850-an. Pada tahun 1924 dilakukan renovasi, namun tidak mengubah total bentuk aslinya, melainkan hanya mengganti bagian-bagian tertentu yang telah rusak dan sudah aus. Selain itu pengalihan bangunan belakang ke samping serta penambahan bangunan samping sebelah utara. Fungsi komponen-komponen arsitekturnya meliputi, dari fungsi religi yang berkaitan dengan kepercayaan keluarga Boen Thong sebagai pemeluk Konghuchu, fungsi dekoratif sebagai seorang antiquarian dan pelestari budaya, dan fungsi praktis dalam kaitan pemakaian komponen-komponen arsitektur dan furnitur serta bentuk bangunannya.