SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG ANGKATAN 2002

Alfi Syahrina

Abstrak


Dalam pendidikan di Indonesia, matapelajaran Sejarah diajarkan mulai dari tingkat SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama), SMU (Sekolah Menengah Umum), PT (Perguruan Tinggi) maupun melalui program P4 (Kuntowijoyo, 2001:26). Nilai matapelajaran sejarah di SMA dapat diindikasikan mewakili pengalaman belajar sebelumnya. Nilai matapelajaran sejarah merupakan salah satu indikator untuk mengetahui sejauh mana peserta didik menyerap materi yang diajarkan. Nilai matapelajaran sejarah SMA bagi mahasiswa program Studi Pendidikan sejarah dapat dikatakan sebagai kemampuan awal untuk mengikuti kegiatan perkuliahan. Hal ini dikarenakan materi dalam perkuliahan merupakan cakupan dari materi yang diterima di tingkat pendidikan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang hubungan antara nilai sejarah di SMA dengan prestasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah Angkatan 2002.