SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Kooperatif Metode Listening Team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas X APL-I SMK Negeri 7 Malang

Rika Astari

Abstrak


ABSTRAK

 

Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran listening team dalam pembelajaran sejarah dikelas X APL-1 SMK Negeri  7 Malang, dan (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas X APL-1 SMK Negeri 7 Malang dalam penerapan metode pembelajaran listening team. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Keberhasilan terlaksananya metode pembelajaran menunjukkan persentase siswa siklus I sebesar 84.66% meningkat menjadi 88.66% dan keberhasilan persentase guru pada siklus I sebesar 92.66% meningkat menjadi 98.66%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66.96 meningkat menjadi 80.35. Siswa yang mendapat nilai di atas KKM pada siklus I sebesar 62.96% meningkat menjadi 89.28%. Pada siklus I menuju siklus II mengalami peningkatan sebesar 26.32%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu metode pembelajaran listening team bisa meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APL-1 SMK Negeri 7 Malang.

Kata Kunci : Listening team, hasil belajar

IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL WITH LISTENING TEAM METHOD TO INCREASE LEARNING RESULT IN HISTORY LEARNING CLASS X APL-1

SMKN 7 MALANG

Abstract

The purpose of this research is (1) to describes the implementation of listening team learning method in class X APL-1 SMKN 7 Malang, and (2) to describe the enhancement of learning result in class X APL-1 SMKN 7 Malang by implementing listening team method. This research uses the class action research approach is composed of four stages namely planning, implementation, observation, and reflection. The success of the implementation of the method shows the percentage of students learning cycle I of 84.66% increase to 88.66% and the success percentage of teachers on a cycle I of 92.66% increase to 98.66%. While the average results of student learning on a cycle I of 66.96 increased to 80.35. Students who scored above the KKM on cycle I of 62.96% increase to 89.28%. On cycle I towards cycle II experienced an increase of 26.32%. The conclusions of this study, namely the learning method in listening team can improve the learning results of students of class X APL-1 SMKN7 Malang.

Keywords: listening team, study results