SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS Terpadu Sub Bidang Sejarah antara Siswa yang Diajar oleh Guru dengan Latar Belakang Pendidikan Bidang Sejarah dengan Siswa yang Diajar oleh Guru dengan Latar Belakang Pendidikan non Bidang Seja

Andy Candra Purwonegoro

Abstrak


Prestasi  yang dicapai siswa dari suatu proses pembelajaran  ada yang tinggi, ada
yang sedang bahkan ada yang rendah. Tinggi rendahnya prestasi belajar seseorang
pada prinsipnya dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor intern dan faktor
ekstern. Salah satu faktor ekstern yang berpengaruh besar terhadap prestasi belajar
siswa adalah faktor guru. Seorang guru yang dapat melakukan tugas-tugasnya
secara profesional tentu akan berdampak baik kepada proses belajar dan hasil
belajarnya. Salah satu syarat profesio-nalisme guru adalah latar belakang
pendidikan yang sesuai dengan bidang tugasnya. 
Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah penelitian ini adalah:
(1) Bagaimanakah prestasi belajar IPS Terpadu sub bidang sejarah siswa yang
diajar oleh guru dengan latar belakang pendidikan bidang sejarah?, (2)
Bagaimanakah prestasi belajar IPS Terpadu sub bidang sejarah siswa yang diajar
oleh guru dengan latar belakang pendidikan non bidang sejarah? (3) Adakah
perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar IPS Terpadu sub bidang sejarah
siswa yang diajar oleh guru dengan latar belakang pendidikan bidang sejarah
dengan siswa yang diajar guru dengan latar belakang pendidikan non bidang
sejarah? 
  Tujuan penelitian ini adalah: (1)Untuk mengetahui prestasi belajar IPS
Terpadu sub bidang sejarah  siswa yang diajar oleh guru dengan latar belakang
pendidikan bidang sejarah. (2) Untuk  mengetahui  prestasi belajar IPS Terpadu
sub bidang sejarah siswa yang diajar oleh guru dengan latar belakang pendidikan
non bidang sejarah, dan (3) Untuk menjelaskan  perbedaan prestasi belajar IPS
Terpadu sub bidang sejarah, antara siswa yang diajar oleh guru berlatar belakang
pendidikan bidang sejarah dengan siswa yang diajar oleh guru berlatar belakang
pendidikan non bidang sejarah.
  Hipotesis penelitian ini berbunyi: Ada perbedaan yang signifikan antara
prestasi belajar IPS Terpadu sub bidang sejarah  siswa yang diajar oleh guru
dengan latar bela-kang pendidikan bidang sejarah dengan prestasi belajar IPS
  Terpadu sub bidang sejarah siswa yang diajar oleh guru dengan latar
belakang pendidikan non bidang sejarah.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Prestasi belajar IPS Terpadu sub
bidang sejarah siswa yang diajar oleh guru berlatar belakang pendidikan bidang
sejarah mencapai rata-rata nilai 8,32, (2) Prestasi belajar IPS Terpadu sub bidang
sejarah siswa yang diajar oleh guru yang berlatar belakang pendidikan non bidang
sejarah rata-rata nilainya 7,30, dan (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara
prestasi belajar IPS Terpadu sub bidang sejarah  siswa yang diajar oleh guru yang
berlatar belakang pendidikan bidang sejarah dengan prestasi belajar IPS Terpadu
sub bidang sejarah siswa yang diajar oleh guru yang berlatar belakang pendidikan
non bidang sejarah, terbukti hasil t-hitung lebih besar dari t-tabel pada taraf
signifikansi 5% maupun 1%.
  Bertitik tolak dari temuan penelitian ini, ada beberapa saran yang diajukan,
antara lain: (1) Kepala sekolah dalam menentukan kebijakan memberikan tugas
kepada guru agar memperhatikan kesesuain latar belakang pendidikan guru
dengan bidang tugas yang diembannya. (2) Apabila karena kondisi tidak
memungkinkan dan seorang guru terpaksa mendapat tugas mengajar bidang yang
tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya, disarankan kepada guru
tersebut untuk berusaha meningkatkan kemam-puan sesuai bidang tugasnya, dan
(3) Kepada peneliti berikutnya, agar hasil penelitian ini lebih valid dan
meyakinkan hendaknya ruang lingkup dan variabel penelitian diperluas, tidak
hanya prestasi belajar IPS Terpadu sub bidang sejarah tetapi prestasi belajar IPS
Terpadu secara keseluruhan, ataupun prestasi belajar  mata pelajaran yang lain.