SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2005

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Solusi Konflik Sosial Antara Minoritas Hindu Dan IslamDi Dusun Codo Desa Petungsewu Kecamatan Wagir Kabupaten Malang (1965 -1969)

Danan Pariwara

Abstrak



Perkembangan Agama tidak selalu diterima oleh masyarakat dengan baik. Awal masuknya agama selalu ditandai dengan konflik-konflik. Seperti perkembangan Agama Hindu di Dusun Codo Desa Petungsewu Kecamatan Wagir. Ketika awal masuknya Hindu di Dusun Codo terjadi pertentangan atau konflik antar penduduk. Hal itu disebabkan pada sekitar tahun 1965 hingga akhir tahun 1970 adalah masa transisi dari Orde Lama ke Orde Baru. Kondisi konflik  pada awal perkembangan Hindu di Dusun Codo merupakan salah satu bentuk interaksi yang bersifat disasosiatif.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana bentuk-bentuk konflik sosial dan faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara pemeluk Hindu dan Islam pada awal masuknya Agama Hindu di Dusun Codo Desa Petungsewu tahun 1965 – 1969? 2. Bagaimanakah bentuk solusi masyarakat setempat terhadap konflik yang terjadi dan efektifitas dari solusi konflik antara pemeluk Hindu dan Islam pada awal masuknya Agama Hindu di Dusun Codo Desa Petungsewu? 3. Bagaimanakah model hubungan antara penyebab konflik dengan solusi pemecahan konflik tersebut?
Penelitian ini bertujuan untuk; 1. Menganalisis konflik sosial dan faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara pemeluk Hindu dan Islam pada awal masuknya Agama Hindu di Dusun Codo Desa Petungsewu tahun 1965 – 1969,                                       2. Menjelaskan bentuk solusi masyarakat setempat dan efektifitas dari solusi konflik yang terjadi antara pemeluk Hindu dan Islam pada awal masuknya Agama Hindu di Dusun Codo Desa Petungsewu, 3. Menjelaskan model hubungan antara penyebab konflik dengan solusi pemecahan konflik tersebut.
Pendekatan yang digunakan dalam pendekatan ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penelitian yang dilakukan merupakan usaha memperoleh informasi deskriptif yaitu melukiskan sesuatu apa adanya
Dalam penelitian ini ditemukan bahwa solusi yang efektif untuk mengatasi konflik antara minoritas Hindu dengan Islam yaitu dengan cara mediasi dengan menunjuk pada pihak ketiga dalam upaya mencegah konflik agar tidak terjadi kekerasan secara fisik. Selain itu juga dapat menggunakan cara lain yaitu musayawarah antara kedua belah pihak yang berkonflik, pemilihan solusi konflik tersebut akan efektif bila sesuai dengan faktor penyebabnya. Berdasar hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut berkenaan dengan konflik-konflik sosial yang ada di masyarakat, khususnya konflik antar pemeluk agama.