SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2005

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VII Semester 1 2004/2005 Di SMP Negeri 1 Malang

Setyowati Erna

Abstrak


Kurikulum 2004 merupakan upaya perbaikan dari Kurikulum 1994. Perbaikan tersebut berorientasi pada pencapaian tujuan pembelajaran. Pergantian kurikulum dari 1994 ke 2004 mengakibatkan berbagai komponen dalam pembelajaran berubah sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini. Perubahan komponen dalam pembelajaran ini sangat mempengaruhi kelancaran dari proses belajar mengajar dan proses penilaian, sehingga hasil yang bisa dicapai siswa tentu saja ikut berubah. Hasil dari tiap mata pelajaran akan mempengaruhi besar kecilnya kontribusi yang akan diberikan oleh tiap mata pelajaran tersebut kepada mata pelajaran pengetahuan sosial.
    Penelitian ini mengangkat permasalahan sebagai berikut: 1) Bagaimanakah prestasi belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Malang pada semester 1?, 2) Bagaimanakah prestasi belajar mata pelajaran pengetahuan sosial siswa kelas VII SMP Negeri 1 Malang pada semester 1?, 3) Seberapa besar kontribusi prestasi belajar siswa kelas VII dalam mata pelajaran sejarah terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran pengetahuan sosial pada semester 1 tahun pelajaran 2004/2005 di SMP Negeri 1malang?.
    Jenis penelitian ini adalah Expost Facto Design, yang merupakan studi hubungan fungsional, bukan merupakan hubungan sebab akibat. Variabel yang terlibat adalah prestasi belajar mata pelajaran sejarah (X1), prestasi belajar mata pelajaran geografi (X2), prestasi belajar mata pelajaran ekonomi (X3), prestasi belajar mata pelajaran sosiologi (X4) dan prestasi belajar mata pelajaran pengetahuan sosial (Y). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Malang yang berjumlah 259 siswa yang tersebar dalam 6 kelas. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 129 siswa, yang diambil dengan Teknik Proporsional Random Sampling dan diperoleh Kelas VIIA, VIIC, VIID sebagai sampel. Data penelitian dianalisis dengan prosedur statistik Korelasi Parsial.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kontribusi murmi yang diberikan oleh variabel prestasi belajar mata pelajaran sejarah, geografi, ekonomi, dan sosiologi terhadap prestasi belajar mata pelajaran pengetahuan sosial. Dari hasil analisis, didapatkan bahwa keempat variabel bebas memiliki kontribusi murni terhadap prestasi belajar mata pelajaran pengetahuan sosial dengan data sebagai berikut: r  = -0.0097, r   = -5.9421, r   = 7.0783,  r  = 0.933.  Mengenai kontribusi prestasi belajar mata pelajaran sejarah terhadap prestasi belajar mata pelajaran pengetahuan sosial ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar –0.0097, yang mengandung arti bahwa korelasi antara x1 dan y setelah mengendalikan x2, x3, x4 menunjukkan hubungan yang berlaawanan arah. Dengan hasil analisis di atas maka prestasi belajar mata pelajaran sejarah perlu ditingkatkan.
    Peranan dari berbagai pihak perlu dilakukan untuk meningkatkan kontribusi prestasi belajar mata pelajaran sejarah terhadap prestasi belajar mata pelajaran pengetahuan sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Malang. Pemerintah harus menyusun kurikulum sesuai dengan kondisi nyata di masyarakat, sekolah sebagai pengembang kurikulum harus mampu melaksanakan kurikulum secara tepat terutama dalam pembelajaran pengetahuan sosial menjadi Integrated Approach serta guru harus berusaha mencapai PAKEM dalam pembelajaran dengan berbagai cara. Hal ini bisa menunjang peningkatan prestasi belajar mata pelajaran sejarah.