SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Metode Structured Dyadic Methods (SDM) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah Kelas X G IIS Di Madrasah Aliyah Tarbiyatut Tholabah Lamongan

Nur Lidyawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Permasalahan yang muncul di kelas X G IIS MA Tarbiyatut Tholabah Lamongan pada saat pembelajaran sejarah berlangsung yakni rendahnya keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran. Guru yang masih mengandalkan metode ceramah dalam menyampaikan materi sehingga membuat peserta didik kurang aktif karena pembelajaran masih di dominasi oleh guru. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan peserta didik melalui metode Structured Dyadic Methods (SDM).

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X G IIS MA Tarbiyatut Tholabah Lamongan dengan jumlah peserta didik 28 orang dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar keaktifan peserta didik dan catatan lapangan.

Berdasarkan hasil dari penerapan metode Structured Dyadic Methods (SDM) dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Pada siklus I nilai rata-rata keaktifan mencapai 62.14% dan pada siklus II nilai rata-rata keaktifan peserta didik mencapai 94.01%. Dari pembelajaran tersebut menunjukkan bahwa antara siklus I dan siklus II terdapat kenaikan rata-rata keaktifan belajar peserta didik yakni 31,87%.