SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Ajar Sejarah Lokal Mayor Soeprapto Sukowati Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Untuk Literasi Siswa

Bagus Eri Pradana

Abstrak


ABSTRAK

 

Pradana, Bagus, Eri . 2018. Pengembangan Buku Ajar Sejarah Lokal  Mayor Soeprapto Sukowati Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Untuk Literasi Siswa. Skripsi, Progam Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Drs.Mashuri,M.Hum.

 

Kata kunci : buku ajar, Soeprapto Sukowati, literasi.

 

            Produk buku ajar dengan penyajian materi sejarah lokal berjudul : Perjuangan Mayor Soeprapto Sukowati 1945-1948 dilatarbelakangi adanya temuan peserta didik, belum adanya literatur yang membahas Mayor Soeprapto Sukowati di XII A7 SMAN 1 Ponorogo. Peserta didik memiliki kegiatan khusus berupa literasi, yaitu merangkum dalam satu buku yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan. Dalam kegiatan literasi ini sumber-sumber yang tersedia belum ada yang mengulas tentang sejarah lokal di Ponorogo khususnya mengulas Mayor Soeprapto Sukowati.

            Produk buku ajar yang dihasilkan ini diharapkan mampu memberikan informasi kepada peserta didik mengenai Mayor Soeprapto Sukowati, tokoh tersebut merupakan tokoh yang berjasa dalam mempertahankan kemerdekaan di Ponorogo hingga terdapat Monumen Sukowati sebagai penghargaan atas jasa-jasanya. Namun keberadaan monumen tersebut sedikit memberikan informasi tentang siapa dan bagaimana peran Mayor Soeprapto Sukowati.

            Tahapan pengembangan buku ajar ini mengacu kepada model Sugiyono yang sudah dimodifikasi  terdiri dari sepuluh tahapan, yaitu : (1) potensi masalah literatur yang terbatas. (2) pengumpulan data dengan metode historis. (3) desain produk berupa Perjuangan Mayor Soeprapto Sukowati 1945-1948.(4) Validasi desain oleh ahli materi dan media dari Dosen Sejarah. (5) Revisi desain atas saran dan komentar. (6) Uji coba kecil dengan n=10 peserta didik. (7) Revisi produk sesuai saran dan komentar. (8) uji coba besar dengan n=30 peserta didik XII A7 SMAN 1 Ponorogo. (9) revisi produk atas uji coba besar dan terakhir (10) produksi produk.

            Hasil dari tahapan tersebut dipaparkan dengan validasi materi skor 85%, validasi media 80 % . Uji coba pemakaian dalam skala kecil 73%, dalam uji coba besar menunjukkan skor 82 % sehingga dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah.

            Dalam penelitian ini ada beberapa saran diantaranya (1) buku ajar dapat dimanfaatkan guru dan peserta didik dalam mencari referensi Mayor Soeprapto Sukowati. (2) Buku ajar dapat diproduksi produk untuk siswa kelas XII SMA di Ponorogo dalam materi PKI Madiun 1948. (3) Buku ajar dapat dikembangkan lanjut dengan penyajian dalam bentuk komik, majalah, atau video dan juga sajian materi lebih luas dengan peran Soeprapto Sukowati tahun yang lebih lama (1945-1962).

 

 

 


ABSTRACT

 

Pradana, Bagus, Eri Amrulloh. 2018.  The Development Of  Local History TextbooksMajor Soeprapto Sukowati In Maintaining Independence For Student Literacy. Thesis, Study Program of History Education, Departement of History, Faculty of Social Science, State University of Malang, Supervisor : Drs. Mashuri, M. Hum.

 

Keywords : textbook, literacy, Major Soeprapto Sukowati.

 

            The text book product with the presentation of local history material entitled: The Struggle of Mayor Soeprapto Sukowati in 1945-1948 based on the findings of students of XII A7 SMAN 1 Ponorogo, where there is no literature discussing Major Soeprapto Sukowati. Learners have special activities in the form of literacy, which summarizes in one book in accordance with the subjects taught. In this literacy activities the available resources have not been reviewed about local history in Ponorogo especially reviewing Major Soeprapto Sukowati.

            The resulting textbook product is expected to provide information to the students about Major Soeprapto Sukowati, a great figure who contributed in maintaining independence in Ponorogo until there is Sukowati Monument as a reward for his services. But the existence of the monument gives a little information about who and how the role of Major Soeprapto Sukowati.

               Stages of the development of this book refers to Sugiyono model consisting of eight stages, namely: (1) potential limited literature problems. (2) data collection by historical method. (3) product design of The Struggle of Major Soeprapto Sukowati in 1945-1948. (4) Design validation by material and media experts from Lecturer of History. (5) Design revisions according to suggestions and comments. (6) Small trial with n = 10 students. (7) Product revisions according to suggestions and comments. (8) large trials with n = 30 students of XII A7 SMAN 1 Ponorogo. (9) product revision of the last major and (10) production of product.

            The results of the stages are presented with material validation score 85 %, media validation score 80 %. Test on a small scale 73 %, in large trials indicate a score of 82% so it is declared feasible and can be used in learning history.

            In this research there are some suggestions such as (1) textbook can be used by teachers and learners in searching for the reference of Major Soeprapto Sukowati. (2) Textbooks can be mass-produced for XII high school students in Ponorogo in the material of PKI Madiun 1948. (3) Textbooks can be further developed by presenting them in comic, magazine or video as well as broader materials with the role of Soeprapto Sukowati in alonger period of years (1945-1962).