SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAS DIPONEGORO TUMPANG

Qurotul Aini

Abstrak


ABSTRAK

 

Implementasi Kurikulum 2013 masih menyisakan berbagai masalah baik di tingkat nasional maupun lokal, salah satunya dalam pembelajaran sejarah di SMAS Diponegoro Tumpang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika implemetasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran sejarah di SMAS Diponegoro Tumpang. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa masalah terkait implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran sejarah di sekolah yang ditelit, yaitu masalah yang terkait kualifikasi dan pengalaman guru, guru tidak menyusun RPP, dan masalah yang terkait dengan penerapan scientific learning.