SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

engembangan Digital Book Biografi Letnan Jenderal H. Soedirman Dalam Upaya Meningkatkan Daya Berpikir Historis Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 4 Bojonegoro.

shinta putri prasetya

Abstrak


ABSTRAK

 

Letnan Jenderal H. Soedirman merupakan tokoh pejuang pada masa kemerdekaan yang memiliki peran sangat penting dalam perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan di Bojonegoro. Dengan mengikuti latihan tentara Pembela Tanah Air (PETA), Letnan Jenderal H. Soedirman juga ikut serta dalam pembentukan kelompok pejuang untuk mengalahkan penjajah, salah satunya adalah sebuah kelompok militer perjuangan yang diberi nama kelompok Ronggolawe. Kelompok Ronggolawe merupakan kesatuan masyarakat bersenjata yang lahir, tumbuh dan berkembang. Beliau sebagai pemimpin mampu mengkomando para pasukannya untuk ikut andil dalam perjuangan melawan penjajah. Agar siswa mudah mempelajari biografi tokoh lokal, maka diperlukan bahan ajar yang mendukung siswa untuk lebih berpikir historis terkait perjuangan tokoh lokal asal Kabupaten Bojonegoro. Berpikir historis sendiri memiliki arti keterampilan berfikir, menginterpretasi, mengamati, mengklarifikasi, mengkomunikasikan tentang sejarah (historical thingking).

Rendahnya berpikir historis siswa membuat tokoh lokal asal Bojonegoro terlupakan. Maka perlu adanya bahan ajar yang mendukung sistem pembelajaran sejarah dikelas menjadi pembelajaran yang tidak membosankan, yaitu dengan memanfaatkan buku biografi berbasis digital yang dikemas dalam sebuah aplikasi Android. Aplikasi buku biografi berbasis digital memudahkan siswa untuk belajar secara mandiri dengan dilengkapi fitur-fitur menarik seperti, soal online dan video yang dilengkapi dengan audiovisual, foto serta animasi, sehingga pembelajaran sejarah didalam kelas tidak monoton dengan hanya membaca buku paket Sejarah Indonesia saja, namun aplikasi buku biografi berbasis digital merupakan aplikasi yang inovatif, praktis dan efisien bagi siswa. Peneliti menggunakan metode penelitian Sugiyono dengan alasan langkah-langkah yang digunakan oleh Sugiyono sesuai dengan pengembangan bahan ajar berupa buku biografi berbasis digital, yaitu adanya potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, uji pemakaian produk, revisi produk dan produksi produk.

Pengembangan Buku Biografi Tokoh Lokal Letnan Jenderal H. Soedirman Berbasis Digital didapatkan data perhitungan presentase nilai seluruhnya dari hasil uji validasi materi peran Letnan Jenderal H. Soedirman mendapatkan skor sebesar 87,1%, data yang didapat dari uji validasi media yaitu perhitungan presentase nilai seluruhnya dari pengembangan media dengan materi peran Letnan Jenderal H. Soedirman mendapatkan skor sebesar 77,6%. Dari keempat aspek penilaian ujicoba produk (kelompok kecil) didapatkan presentase skor nilai rata-rata berkisar antara 75,3%-80,2%, sedangkan keempat aspek penilaian ujicoba pemakaian (kelompok besar) didapatkan presentase skor nilai rata-rata berkisar antara 86,1%-93,8%.