SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Mahasiswa Pendidikan Sejarah Angkatan 2014 Universitas Negeri Malang terhadap Lesson Study dalam KPL (Kajian dan Praktik Lapangan) II di Sekolah SMA & SMK Kota Malang

alfia hasanah

Abstrak


ABSTRAK

 

RINGKASAN

Hasanah, Alfia. 2018. Persepsi Mahasiswa Pendidikan  Sejarah Angkatan 2014 Universitas Negeri Malang Terhadap Lesson Study dalam KPL (Kajian Dan Praktik Lapangan) II Di Sekolah SMA & SMK Kota Malang. Skripsi, Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mashuri M.Hum., (II) Indah wahyu P.U., S.Pd., S.Hum.

Kata Kunci: KPL II, Persepsi, lesson study, plan, do, see

KPL (Kajian dan Praktik Lapangan) II adalah tahap lanjutan dari KPL I yang dilaksanakan di sekolah latihan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam melaksanakan praktik pembelajaran secara riil dan utuh dalam kerangka lesson study.Dalam satu periode KPL II diwajibkan mahasiswa melaksanakan praktik pembelajaran termbimbing minimal 5 (lima) kali. Selama masa itu setiap mahasiswa diwajibkan melakukan open class minimal 2 (dua) kali.Khusus untuk keperluan lesson study, pada saat mahasiswa melaksanakan praktik pembelajaran (open class).

Lesson study suatu kegiatan pengkajian terhadap proses pembelajaran di kelas nyata yang dilakukan oleh sekelompok guru secara berkolaboratif dalam jangka waktu lama dan terus menerus untuk meningkatkan keprofesionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap plan, do, see dalam lesson study kegunaannya bagi mahasiswa dalam melakukan KPL II. Peneliti menemukan hambatan-hambatan dari tahapan lesson study yang didapatkan oleh mahasiswa KPL II Pendidikan Sejarah yakni plan (perencanaan) hambatannya menyusun perencanaan pembelajaran dan RPP yang dilakukan secara individu padahal dalam lesson study tahap plan (perencanaan) pembelajaran harus dilaksanakan dengan kolaboratif. Do (pelaksanaan), hambatannya yakni kesulitan dalam mendatangkan dosen pembibing dan pengisian lembar refleksi yang seadanya yang dilakukan oleh observer. See (refleksi) hambatannya tidak hadirnya dosen pembimbing sehingga tidak mendapatkan refleksi dari beliau (dosen pembimbing).

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni semua mahasiswa Pendidikan Sejarah Angkatan 2014 Universitas Negeri Malang yang melakukan KPL II berbasis lesson study di Kota Malang. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa Pendidikan  Sejarah angkatan 2014 Universitas Negeri Malang terhadap plan (perencanaan) pembelajaran dalam KPL (Kajian dan Praktik Lapangan) II berbasis lesson study di Kota Malang adalah positif, semua yang diteliti (22 orang) memiliki persepsi positif.  Karena tahap  plan (perencanaan) membantu mereka dalam menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pembelajaran sehingga, pembelajaran dapat berjalan dengan lancar karena mereka mengetahui tahap-tahap pembelajaran yang akan dilakukan.

Sementara itu persepsi mereka pada tahap do (pelaksanaan) sebanyak 15 mahasiswa yang memiliki persepsi positif dan 7 mahasiswa yang memiliki persepsi negatif. Mahasiswa yang mempunyai persepsi positif dikarenakan tahap  do (pelaksanaan) yang telah mereka lakukan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan keinginan dan harapan mereka. akan tetapi mahasiswa yang mempunyai persepsi negatif, tahap  do (pelaksanaan) yang mereka lakukan tidak sesuai dengan plan (perencanaan) yang telah mereka buat. Untuk tahap see (refleksi) semua memiliki persepsi yang positif. Persepsi positif ini dikarenakan mahasiswa mendapatkan banyak masukan dan saran dari para observer, guru pamong, dosen pembimbing, sehingga bisa diharapkan pada pembelajaran selanjutnya dapat lebih baik lagi.