SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Tingkat Inteligensi dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu Tahun Ajaran 2017/2018

Farahma Pratiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah ada pengaruh positif yang signifikan variabel tingkat inteligensi terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu, (2) apakah ada pengaruh positif yang signifikan variabel minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu, (3) apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan antara tingkat inteligensi dan minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu. Hasil penelitian menunjukkan sumbangan pengaruh tingkat inteligensi terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu sebesar 2,17% dan dengan sumbangan relatif 0,16%. Sumbangan pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu 3,02% dan sumbangan relatifnya sebesar 0,28%. Secara simultan kedua variabel berpengaruh 13,3% terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu.