SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan Satisfaction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Matapelajaran Sejarah Indonesia SMK N 10 Malang

dedi darmadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Darmadi, Dedi.2018. Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan Satisfaction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Matapelajaran Sejarah Indonesia SMK N 10 Malang . Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr.Joko Sayono, M.Pd, M.Hum.

Kata Kunci: pembelajaran sejarah, model pembelajaran ARIAS, hasil belajar.

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas X TKJ 1 SMK N 10 Malang pada mata pelajaran Sejarah Indonesia. Berdasarkan data awal hasil belajar peserta didik kelas X TKJ 1 ditemukan permasalahan terkait hasil belajar yang rendah pada matapelajaran Sejarah Indonesia. Hasil belajar peserta didik yang rendah tersebut disebabkan oleh beberapa faktor dalam kegiatan pembelajaran Sejarah Indonesia yang kurang efektif, seperti perhatian peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, partisipasi peserta didik yang cenderung pasif dan pemahaman peserta didik terhadap materi. Faktor-faktor tersebut menyebabkan hasil belajar peserta didik di kelas X TKJ 1 rendah.

Penelitian tindakan kelas ini difokuskan pada peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X TKJ 1 pada matapelajaran Sejarah Indonesia melalui penerapan model pembelajaran ARIAS. Penelitian tindakan kelas di kelas X TKJ 1 SMK N 10 Malang dilaksanakan 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan. Data dalam penelitian tindakan kelas ini di peroleh melalui observasi, wawancara, nilai tes ulangan harian pada tiap siklus dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, display data dan conclusion data.

Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan pernerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada matapelajaran Sejarah Indonesia di kelas X TKJ 1 SMK 10 Malang. Berdasarkan  analisis hasil belajar peserta didik pada tes ulangan harian siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan pada nilai rata-rata kelas. Pada pra tindakan nilai rata-rata kelas X TKJ 1 adalah 57,88 dengan presentase ketuntasan belajar 9 %. Di sikllus I nilai rata-rata kelas X TKJ 1 meningkat menjadi 66,88 dengan presentase ketuntasan belajar peserta didik yang mendapat nilai ≥75 adalah 63% dan di siklus II nilai rata-rata kelas X TKJ 1 meningkatan kembali hingga 73,25 dengan presentase ketuntasan belajar peserta didik yang mendapat nilai ≥75 adalah  86 %.  Dari data hasil belajar pada tiap siklus tersebut dapat dilihat adanya peningkatan yang terjadi, dimana presentase peningkatan pada siklus I adalah 54% dan pada siklus II adalah 23%.

Berdasarkan hasil yang diperoleh pada penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan setelah penerapan model pembelajaran ARIAS. Meskipun demikian, peneliti menyarankan agar penerapan model pembelajaran ARIAS dikolaborasikan dengan media pembelajaran yang menarik sehingga kegiatan pembelajaran akan berjalan lebih optimal.