SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA MATERI KEDATANGAN ISLAM KE INDONESIA KELAS X IPS 2 DI SMAN 1 GRATI

bakhtiar ridwansyah

Abstrak


RINGKASAN

 

Ridwansyah, Bakhtiar . 2018. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Pada Materi Kedatangan Islam ke Indonesia Kelas X IPS 2 di SMAN 1 Grati. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Mashuri,M.Hum.

 

Kata Kunci: Talking Stick, Hasil Belajar.

 

SMAN 1 Grati Kabupaten Pasuruan adalah lembaga pendidikan sekolah yang berbasis adiwiyata. SMAN 1 Grati Kabupaten Pasuruan telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana sebagai daya dukung pengembangan keilmuan yang dibutuhkan. Guru cenderung menjadi pusat dalam pembelajaran siswa, sedangkan siswa hanya duduk diam dan mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru. Siswa cenderung kurang aktif dalam pembelajaran ketika guru memberikan pertanyaan. Siswa tidak mengikuti pembelajaran dengan baik dan guru tidak mampu meningkatkan hasil belajar. Perlu adanya alternatif model pembelajaran yang lebih kreatif. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran seperti model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran sejarah. Rumusan masalahnya adalah penerapan model Talking Stick  dapat meningkatkan Hasil  belajar sejarah pada siswa kelas X IPS 2 di SMA Negeri 1 Grati Pasuruan.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data diperoleh dari lembar observasi, angket, wawancara, dan catatan lapangan. Penelitian dilaksanakan di kelas X IPS 2SMAN 1 Grati Kabupaten Pasuruan dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa pada materi Kedatangan Islam ke Indonesia.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan model Talking Stick dan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Talking Stick pada matapelajaran sejarah di kelas X IPS 2SMAN 1 Grati Kabupaten Pasuruan.

 

Berdasarkan hasil dari kegiatan penelitian dengan menggunakan 2 siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan ke siklus I yaitu dari rata-rata 69,7 dengan persentase ketuntasan belajar 43%menjadi 71,6 dengan persentase ketuntasan belajar 51%. Hal tersebut masih belum mencapai batas ketentuan yang diinginkan. Pada siklus II diperoleh kesimpulan hasil belajar siswa mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar dari 71,6 menjadi 79,3 dengan persentase ketuntasan belajar 86%. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif model talking stick dapat meningkatkan hasil belajar sejarah pada materi kedatangan islam ke Indonesia kelas X IPS 2 SMAN 1 Grati Kabupaten Pasuruan. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan: (1) Bagi guru sejarah agar menggunakan model Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran dengan model Talking Stick bahasan yang berbeda.