SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media History Games Berbasis Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII IPS 1 SMAN 1 Wates Kabupaten Kediri

setia ningrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Ningrum, Setia.2018.Pengaruh Penggunaan Media History Games Berbasis Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII IPS 1 SMAN 1 Wates Kabupaten Kediri. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs.Kasimanuddin Ismain, M.Pd.

 

Kata Kunci: history games, macromedia flash, hasil belajar.

 

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media History Games berbasis Macromedia Flash terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII IPS SMAN 1 Wates Kabupaten Kediri pada mata pelajaran Sejarah. Pembelajaran di kelas untuk mata pelajaran sejarah tidak terlalu efektif dan menyenangkan karena penggunaan media yang kurang interaktif dengan peserta didik. Hal ini akan mempengaruhi kognitif peserta didik yang terlihat pada hasil belajarnya. Hasil belajar peserta didik di kelas XII IPS 1 cukup rendah yaitu 68 dengan 3 anak yang mendapatkan nilai di atas KKM. Berdasarkan hal tersebut maka solusi yang diberikan berupa penggunaan media yang bersifat interaktif yaitu History Games yang dibuat menggunakan aplikasi Macromedia Flash.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Pre-Eksperimental designs khusus pada model One-Grup Pretest-Posttest design. Model ini menekankan pada pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan instrumen berupa soal yang dikerjakan oleh peserta didik pada awal pembelajaran sebelum menggunakan media history games (pretest) dan setelah penggunaan media history games (posttest). Populasi terdiri dari 4 kelas XII IPS di SMAN 1 Wates, sedangkan pengambilan sampel dilakukan menggunakan cara nonprobability sampling(sampling purposiv) berdasarkan pertimbangan guru dan diperoleh kelas XII IPS 1 sebagai sampel. Kelas XII IPS 1 terdiri dari 34 peserta didik. Analisis data yang digunakan berupa uji hipotesis menggunakan bantuan SPSS 16.0 for Windows dengan Paired Sample Test.

Berdasarkan hasil analisis didapatkan hasil penelitian sebagai berikut,nilaipretest dan posttestmelalui uji hipotesis mendapatkan hasil bahwa H1 diterima dengan bukti  yang lebih besar daripada  atau dalam bentuk   dengan nilai signifikansi  dan nilai rata-rata peserta didik setelah menggunakan media jauh lebih besar dibandingkan tanpa menggunakan media yaitu ., sehingga dapat disimpulkan bahwa media History Games berbasis Macromedia Flash memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik. Adapun saran yang diberikan kepada guru maupun peneliti selanjutnya adalah memuat History Games dengan materi yang lebih luas lagi dan dengan aplikasi yang lebih baik dari Macromedia Flash.

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Ningrum, Setia.2018. The Effect of Macromedia Flash-Based on History Games to the Learning Outcomes of History Subject at Class XII IPS 1, SMAN 1 Wates, Kediri Regency. Minithesis, History Department, Faculty of Social Sciences, State University of Malang. Advisor: Drs.Kasimanuddin Ismain, M.Pd.

 

Keywords: history games, macromedia flash, learning outcomes.

 

            This study is aimed to know the influence of using macromedia flash-based history games media in history lesson on learning outcomes of third graders in IPS 1 SMAN 1 Wates Kediri. Learning inside classroom for history subject is not effective and exciting enough because of the less interactive use of media for learners. It will affect the learners’ cognitive that is seen in learning outcomes. Students’ learning outcomes average in class XII IPS 1 is quite low, it is 68 with 3 students get score above the KKM. Based on this thing, the solution is given in the form of interactive media, it is History Games created by using Macromedia Flash application.

This research is conducted by means of quantitative approach with certain Pre-Experimental design on One-Group Pretest-Posttest model. This model emphasizes on data collection by giving the instrument in form of questions answered by students at the beginning of learning before using history games media (pretest) and after the use of history games media (posttest). The population 4 classes of XII IPS in SMAN 1 Wates. The sampling was took by nonprobability sampling (purposive sampling) and the result is the class XII IPS 1. XII IPS 1 class consists of 34 students. Data analysis used is in form of hypothesis test using SPSS 16.0 for Windows with Paired Sample Test.

Based on analysis result, the findings of the research as follow, the values of pretest and posttest through hypothesis test show that H1 is accepted with the proof t_count is bigger than t_table or in form 21,630 (t_count) ≥ 1,697 (t_table) with significance value 0,00 43.88., it can be concluded that Macromedia Flash-based History Games media gives positive effect to students learning outcomes. The suggestion given to the teacher and further research is providing more material in History Games and improving application from Macromedia Flash.

 

 ABSTRAK

 

Ningrum, Setia.2018.Pengaruh Penggunaan Media History Games Berbasis Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII IPS 1 SMAN 1 Wates Kabupaten Kediri. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs.Kasimanuddin Ismain, M.Pd.

 

Kata Kunci: history games, macromedia flash, hasil belajar.

 

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media History Games berbasis Macromedia Flash terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII IPS SMAN 1 Wates Kabupaten Kediri pada mata pelajaran Sejarah. Pembelajaran di kelas untuk mata pelajaran sejarah tidak terlalu efektif dan menyenangkan karena penggunaan media yang kurang interaktif dengan peserta didik. Hal ini akan mempengaruhi kognitif peserta didik yang terlihat pada hasil belajarnya. Hasil belajar peserta didik di kelas XII IPS 1 cukup rendah yaitu 68 dengan 3 anak yang mendapatkan nilai di atas KKM. Berdasarkan hal tersebut maka solusi yang diberikan berupa penggunaan media yang bersifat interaktif yaitu History Games yang dibuat menggunakan aplikasi Macromedia Flash.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Pre-Eksperimental designs khusus pada model One-Grup Pretest-Posttest design. Model ini menekankan pada pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan instrumen berupa soal yang dikerjakan oleh peserta didik pada awal pembelajaran sebelum menggunakan media history games (pretest) dan setelah penggunaan media history games (posttest). Populasi terdiri dari 4 kelas XII IPS di SMAN 1 Wates, sedangkan pengambilan sampel dilakukan menggunakan cara nonprobability sampling(sampling purposiv) berdasarkan pertimbangan guru dan diperoleh kelas XII IPS 1 sebagai sampel. Kelas XII IPS 1 terdiri dari 34 peserta didik. Analisis data yang digunakan berupa uji hipotesis menggunakan bantuan SPSS 16.0 for Windows dengan Paired Sample Test.

Berdasarkan hasil analisis didapatkan hasil penelitian sebagai berikut,nilaipretest dan posttestmelalui uji hipotesis mendapatkan hasil bahwa H1 diterima dengan bukti  yang lebih besar daripada  atau dalam bentuk   dengan nilai signifikansi  dan nilai rata-rata peserta didik setelah menggunakan media jauh lebih besar dibandingkan tanpa menggunakan media yaitu ., sehingga dapat disimpulkan bahwa media History Games berbasis Macromedia Flash memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik. Adapun saran yang diberikan kepada guru maupun peneliti selanjutnya adalah memuat History Games dengan materi yang lebih luas lagi dan dengan aplikasi yang lebih baik dari Macromedia Flash.

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Ningrum, Setia.2018. The Effect of Macromedia Flash-Based on History Games to the Learning Outcomes of History Subject at Class XII IPS 1, SMAN 1 Wates, Kediri Regency. Minithesis, History Department, Faculty of Social Sciences, State University of Malang. Advisor: Drs.Kasimanuddin Ismain, M.Pd.

 

Keywords: history games, macromedia flash, learning outcomes.

 

            This study is aimed to know the influence of using macromedia flash-based history games media in history lesson on learning outcomes of third graders in IPS 1 SMAN 1 Wates Kediri. Learning inside classroom for history subject is not effective and exciting enough because of the less interactive use of media for learners. It will affect the learners’ cognitive that is seen in learning outcomes. Students’ learning outcomes average in class XII IPS 1 is quite low, it is 68 with 3 students get score above the KKM. Based on this thing, the solution is given in the form of interactive media, it is History Games created by using Macromedia Flash application.

This research is conducted by means of quantitative approach with certain Pre-Experimental design on One-Group Pretest-Posttest model. This model emphasizes on data collection by giving the instrument in form of questions answered by students at the beginning of learning before using history games media (pretest) and after the use of history games media (posttest). The population 4 classes of XII IPS in SMAN 1 Wates. The sampling was took by nonprobability sampling (purposive sampling) and the result is the class XII IPS 1. XII IPS 1 class consists of 34 students. Data analysis used is in form of hypothesis test using SPSS 16.0 for Windows with Paired Sample Test.

Based on analysis result, the findings of the research as follow, the values of pretest and posttest through hypothesis test show that H1 is accepted with the proof t_count is bigger than t_table or in form 21,630 (t_count) ≥ 1,697 (t_table) with significance value 0,00 43.88., it can be concluded that Macromedia Flash-based History Games media gives positive effect to students learning outcomes. The suggestion given to the teacher and further research is providing more material in History Games and improving application from Macromedia Flash.

 

 

 

 ABSTRAK