SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Pembelajaran Sejarah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas XI SMAN 1 Kauman Tulungagung Pada semester Genap Tahun 2016

ardhiyan widodo

Abstrak


ABSTRAK

 

Pembelajaran sejarah memiliki peranan penting dalam menanamkan nilai karakter selain pengetahuan yang bersifat kognitif. Pendidikan sejarah pada era globalisasi ini diperlukan agar bangsa Indonesia memiliki kepribadian bangsa dan kesadaran sejarah yang kuat. Pembelajaran sejarah tidak hanya bertujuan untuk  menghafalan materi-materi sejarah, tetapi juga diharapkan memiliki kemampuan memecahkan masalah yang ada pada saat ini dengan berkaca dari sejarah. Upaya untuk menanamkan karaker bangsa, ada18 nilai- nilai dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa yang dibuat oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Mulai tahun ajaran 2011, seluruh tingkat pendidikan di Indonesia harus menyisipkan pendidikan berkarakter tersebut dalam proses pendidikannya.

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter melalui mata pelajaran sejarah untuk mengembangkan karakter siswa di SMAN I Kauman Tulungagung? (2) bagaimana kontribusi pembelajaran sejarah dalam mengembangkan karakter siswa?

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriftif. Penelitian ini mendeskripsikan secara sistematis tentang bagaimana perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan dari perencanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi

Hasil penelitian ini adalah, 1) Pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kauman sudah dilaksanakan oleh guru sejarah dengan cara mengintegrasikan ke dalam proses pembelajaran. Guru sejarah tidak hanya menyampaikan nilai-nilai karakter kepada peserta didik dalam bentuk pengetahuan saja akan tetapi juga dengan membiasakan kepada peserta didik untuk melaksanakan nilai-nilai karakter yang dapat diambil dari proses pembelajaran sejarah. 2.) Nilai-nilai karakter yang dikembangkan melalui pembelajaran sejarah dalam pedoman panduan pendidikan budaya dan karakter bangsa yang dikeluarkan oleh balitbang terdapat 18 nilai yang ditetapkan. Namun dalam pembelajaran sejarah SMA Negeri 1 Kauman antara lain adalah cinta tanah air, jujur, peduli sosial, komunikatif, disiplin, dan gemar membaca. nilai-nilai karakter tersebut ditanamkan dan dikembangkan dalam diri siswa melalui proses pembelajaran sejarah, dimana materi sejarah secara garis besar banyak memuat nilai-nili karakter yang dapat diambil maknanya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih terhadap dunia pendidikan, khususnya SMAN 1 Kauman untuk pembelajaran pendidikan berbasis karakter.