SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Model Pembelajaran Issue Centered History Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa Dalam Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung

Bangkit Utama

Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Issue Centered History terhadap peningkatan rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas, 2) Mendeskripsikan hasil peningkatan rasa ingin tahu siswa terhadap pelajaran sejarah dengan penerapan model pembelajaran Issue Centered History, 3) Mendeskripsikan peningkatan kualitas belajar siswa terhadap peningkatan rasa ingin tahu pada pelajaran sejarah. Lokasi penelitian SMAN 1 Kauman Tulungagung kelas XI IPS 4 dengan total 37 siswa sebagai subjek penelitian. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan berupa catatan lapangan pada tiap siklus tindakan, lembar penilaian observasi tiap siklus tindakan, dan dokumentasi kegiatan kelas maupun berkas-berkas RPP dan Silabus. Hasil penelitian berupa paparan data pada tiap langkah penelitian tindakan kelas selama 2 siklus.