SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL SEJARAH LOKAL PERAN PANEMBAHAN RONGGOSUKOWATI SEBAGAI RAJA ISLAM PERTAMA DAN PEMIMPIN KOTA PAMEKASAN 1530-1616 UNTUK KELAS X SMA NEGERI 3 PAMEKASAN

Abdul Humaidi

Abstrak


ABSTRAK

 

Humaidi, Abdul. 2018. Pengembangan Modul Sejarah Lokal Peran Panembahan Ronggosukowati Sebagai Raja Islam Pertama dan Pemimpin Kota Pamekasan 1530-1616 Untuk Kelas X SMA Negeri 3 Pamekasan. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Kasimanuddin Ismain, M.Pd

Kata Kunci: Modul, Sejarah Lokal, Ronggosukowati

Saat ini bahan ajar yang digunakan oleh guru sejarah masih terkesan monoton. Bahan ajar yang digunakan guru hanya memakai buku paket dan LKS yang dipakai sekolah. Pada dasarnya seorang guru apabila menyusun atau mengembangkan bahan ajar sendiri akan lebih menarik jika diterapkan pada siswanya. Akhir-akhir ini banyak masyarakat dan pelajar di Pamekasan kurang pengetahuannya akan sejarah lokal daerahnya. Kurangnya pengetahuan tersebut menjadikan dampak negatif tersendiri bagi kalangan pelajar khususnya. Kebanyakan dari mereka belum mengetahui sejarah Pamekasan. Seperti raja Islam pertamanya yakni Ronggosukowati yang merupakan raja yang sangat berpengaruh dan berperan penting bagi kota Pamekasan. Keberadaan bahan ajar mengenai sejarah lokal khususnya di SMA Negeri 3 Pamekasan masih belum ada. Banyak dari kalangan mereka yang belum mengetahui sejarah daerahnya. Observasi awal yang telah dilakukan dari 100 siswa hanya 15% yang mengetahui akan tetapi mengetahui dari pelajaran drama mata pelajaran seni budaya. Sedangkan 85% siswa belum mengetahui.

Berkaitan dengan hal yang telah diutarakan diatas menghadirkan modul sejarah lokal yang mempelajari tentang peristiwa masa lampau hal yang sangat penting bagi peneliti. Pada penelitian dan pengembangan ini peneliti mengembangkan produk berupa modul sejarah lokal peran panembahan Ronggosukowati sebagai raja Islam pertama dan pemimpin kota Pamekasan 1530-1616 pada kelas X SMA Negeri 3 Pamekasan. Selain itu peneliti juga melakukan uji kevalidan produk sebelum dijadikan bahan ajar disekolah. Pada penelitian ini menggunakan metode menurut Sugiyono yakni: (1) Potensi dan Masalah; (2)  Mengumpulkan Informasi; (3) Desain Produk; (4) Validasi Desain; (5) Perbaikan Desain; (6)  Uji Coba Produk; (7) Revisi Produk; (8) Uji coba pemakaian (9) Revisi Produk; (10) Produksi Massal. Peneliti menggunakan instrumen validasi untuk diisi oleh para ahli sedangakan uji coba lapangan menggunakan istrumen angket.

Produk yang dihasilkan pada penelitian dan Pengembangan ini menghasilkan modul sejarah lokal Panembahan Ronggosukowati Raja Islam Pertama dan Pemimpin Kota Pamekasan 1530-1616. Pada penelitian ini hasil validasi ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 97%. Untuk validasi ahli media mendapatkan nilai rata-rata 98%. Uji coba lapangan yakni uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Uji coba kelompok kecil sebesar 93% sedangkan uji kelompok besar mendapatkan nilai rata-rata 92%. Berdasarkan hasil uji validitas dan uji coba lapangan dari keseluruhan modul sejarah yang telah dikembangkan termasuk kategori valid dan modul dapat digunakan sebagai bahan ajar pada kelas X SMA Negeri 3 Pamekasan.