SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X MULTIMEDIA-B SMK NEGERI 4 KOTA MALANG

EKA FUJIJAYA

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran sejarah. Kurikulum yang diterapkan pada mata pelajaran sejarah di SMK Negeri 4 Kota Malang tahun 2017/2018, mengakibatkan mata pelajaran sejarah hanya diajarkan pada kelas sepuluh. Kurikulum ini mengakibatkan banyaknya materi yang harus dipelajari dalam satu tahun. Kurangnya model pembelajaran, metode ceramah yang monotone dan pemberian tugas secara individu juga berperan penting dalam rendahnya hasil belajar siswa.  Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Multimedia-B SMK Negeri 4 Kota Malang dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw. Penelitian dilakukan sebanyak dua kali siklus dan setiap akhir siklus selalu diadakan post test untuk mengukur keberhasilan penerapan metode Jigsaw.